• English
  • Bahasa Indonesia

Perlu Harmonisasi Sentra Gakkumdu di Daerah

Kupang, Badan Pengawas Pemilu - Harmonisasi antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam Sentra Gakkumdu di pusat sudah berjalan dengan baik. Hubungan yang harmonis ini perlu ditularkan sampai ke tingkat provinsi, kabupaten/kota, apalagi untuk daerah yang sedang melaksanakan pemilihan bupati maupun walikota sekaligus untuk pemilihan gubernur maupun wakil gubernur agar Pemilu yang jujur dan adil dapat terwujud.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo dalam Rapat Koordinasi Fasilitasi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Minggu (18/3/2018).

“Ini adalah sebuah impian yang harus didukung bersama, karena suka tidak suka penegakan hukum Pemilu itu sekalipun itu pintu masuknya dari lembaga Pengawas Pemilu tapi eksekutornya ada di lembaga penegak hukum. Jadi kalau tiga institusi ini tidak bersatu, maka akan menimbulkan hal-hal yang tidak kita harapkan dalam proses Pemilu,” ujar Dewi.

Dewi menegaskan, marwah dari Pemilu tergantung dari proses penegakan hukum, yang artinya tergantung dari pengawas Pemilu, kepolisian, dan kejaksaan sebagai unjuk tombak di provinsi/kabupaten/kota untuk menegakkan hukum Pemilu.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan pelanggaran, sambung Dewi,
memang diperlukan penyamaan persepsi antara tiga institusi tersebut.

“Bawaslu membutuhkan kerja sama dari kepolisian dan kejaksaan. Selain karena perintah undang-undang, Bawaslu memang sangat membutuhkan dukungan dari kepolisian dan kejaksaan,” terangnya.

Selain itu Dewi mengingatkan bahwa Provinsi NTT akan melaksanakan Pemilihan Gubernur sekaligus Pemilihan Bupati di 10 kabupaten, yakni Kabupaten Sikka, Sumba Tengah, Nagekeo, Rote Ndao, Manggarai Timur, Timor Tengah Selatan, Alor, Kupang, Ende, dan Sumba Barat Daya. Di samping juga akan menghadapi Pemilu 2019.

“Sentra Gakkumdu harus siap menghadapi tahapan pemilihan gubernur, pemilihan bupati, bersamaan dengan tahapan Pemilu 2019 yang juga sudah dimulai," tandasnya.

Penulis/Foto: Christina Kartika

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019