• English
  • Bahasa Indonesia

Penyelenggara Mesti Jaga Kepercayaan Publik

Makassar, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin mengatakan kepercayaan publik  terhadap penyelenggara pemilu harus dijaga. Hal tersebut guna memastikan proses pemilu ini berkualitas dan bermartabat serta menghasilkan pemimpin yang berintegritas.

Menurutnya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) diharapkan menjalankan tugasnya secara kredibel. Serta, sambungnya, bekerja dengan standar etika yang tinggi.

“Dengan demikian secara kelembagaan relatif terpenuhi prasyarat pemilu berintegritas.  Pemilu yang jujur adil berintegritas bermartabat pada saatnya akan menghasilkan apa yang disebut pemimpin yang baik dan bermartabat. Kalau prosesnya baik hasilnya juga akan baik, namun kalau prosesnya bermasalah hasilnya bisa bermasalah,” ujar Afif ketika menjadi pembicara pada seminar nasional di Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa, (11/12/2018).

Kalau semua prosesnya berjalan baik, kata Afif, selisih satu atau dua suara pun tidak akan dipersoalkan. Akan tetapi, apabila prosesnya berjalan dengan tidak baik, maka berapapun selisih suara akan tetap dipersoalkan.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu