• English
  • Bahasa Indonesia

Panwas Bangka Selatan Luncurkan Program Kelas Pengawasan Pemilu

Bangka Selatan, Badan Pengawas Pemilu - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meluncurkan program Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) , Sabtu (24/2/2018) di SMAN 1 Air Gegas Bangka Selatan.

Sahirin Ketua Panwaslu Basel dalam sambutannya menerangkan, kegiatan ini merupakan sebuah program persiapan untuk menghadapi Pemilu 2019 dalam mewujudkan demokrasi untuk rakyat. Masyarakat diajak berpartisipasi untuk mengawasi pemilu. Kelas Pengawasan Pemilu ini juga bisa menjadi media pendidikan dan diskusi pemilu bagi kalangan pelajar untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2019 nanti.

"Ini adalah program pengabdian yang leading sector nya Panwascam se- Kabupaten Bangka Selatan dengan memberikan pendidikan politik sejak dini kepada siswa-siswi SMA, SMK, MA yang ada di Bangka Selatan," ujar Sahirin.

Untuk itu, Sahirin berharap dengan adanya kegiatan kelas pengawasan Pemilu ini, akan semakin efektif mendorong keterlibatan masyarakat khususnya dari kalangan pelajar untuk mengawasi dan memantau tahapan Pemilu 2019. Bentuk kegiatan ini akan dilaksanakan dengan metode pengajaran yang dilakukan oleh panwaslu, dengan memberikan ruang diskusi antara pengawas pemilu dan pelajar.

"Melalui program ini diharapkan dapat memberikan sarana pendidikan pemilu bagi pemilih, .endorong terciptanya partisipasi pelajar dalam pengawasan pemilu, dan yang paling penting terciptanya agen pengawasan Pemilu di tiap kecamatan, minimal 10 orang. Nantinya agen pengawasan pemilu akan terlibat aktif dalam melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian yang dikoordinatori oleh Panwas Kecamatan," terangnya.

Sementara dari pihak sekolah sangat mengapresiasi program kelas pengawasan ini. "Kami dari pihak sekolah menyambut baik dan sangat mendukung progam Panwaslu Basel. Kami juga mengucapkan terima kasih karena diberikan kesempatan untuk memfasilitasi kegiatan ini," ujar Rosmegawati Waka Kesiswaan SMAN 1 Air Gegas.

Camat Air Gegas dalam sambutannya yang diwakili oleh Kasi
Kessos & Pembangunan Kecamatan Air Gegas, Senol mengucapkan banyak terima kasih kepada Panwaslu karena secara geografis kecamatan Air Gegas adalah kecamatan terluas kedua yang ada di kabupaten Bangka Selatan, sehinggga potensi kerawanan pelanggaran pemilu cukup besar, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pendidikan politik bagi para siswa.

Launching dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andy Budi Yulianto. Ia mengatakan sangat mengapresiasi ide - ide Panwaslu Basel.

"Ke depan tongkat estafet ini akan dilanjutkan oleh para pemilih pemula. Oleh karena itu mereka harus melek politik, tidak hanya jadi pemilih, tapi juga ikut mengawal suaranya karena kita semualah yang akan menikmati pembangunan 5 tahun ke depan," ujar Andy.

Acara tersebut juga disertai dengan pemberian Piagam Penghargaan kepada perwakilan SMA/SMK/MA sederajat yang mendukung pelaksanaan Program Kelas Pengawasan Pemilu.

Acara dihadiri oleh Bawaslu Provinsi Babel, Ketua KPU Basel, Camat Air Gegas, Polsek Air Gegas, perwakilan Kepala Sekolah SMA dan SMK, Ketua Panwascam se-Kabupaten Bangka Selatan, siswa - siswi SMA & SMK Air Gegas & Payung.

Humas Panwas Bangka Selatan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019