• English
  • Bahasa Indonesia

Menghadapi Pemilu, Bawaslu Perkuat Strategi Sentra Gakkumdu

Palu, Badan Pengawas Pemilu - Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo mengajak peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) terkait penguatan kebijakan tiga lembaga dalam Sentra Gakkumdu yakni Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu dalam tindak pidana pada pemilihan kepala daerah dan persiapan pemilu Tahun 2019 nanti.
“Eksistensi Gakkumdu semakin kuat dalam menghadapi Pemilu 2019, dikarenakan payung hukumnya sudah bukan peraturan bersama,” kata Dewi dihadapan peserta Bimtek Sentra Gakkumdu Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Jumat, (9/3/2018). Hadir dalam Bimtek Sentra Gakkumdu tersebut Ruslan Husen dan Zatriawati sebagai Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah.
Dewi menyatakan sifat penanganan pelanggaran pidana pemilu berkaitan dengan bagaimana menjerat pelaku serta mencegah yang lain untuk tidak melakukan hal yang sama. Strategi yang paling utama dari Bawaslu adalah tugas-tugas pencegahan dan penindakan. Sebelumnya, pidana seperti politik uang yang hampir setiap temuan atau laporan masyarakat atau publik tidak sampai diproses pemeriksaan pengadilan atau hanya berhenti di Sentra Gakkumdu karena sulit pembuktiannya.
“Itu harus kita lanjutkan ke proses pengadilan. Semakin banyak masuk laporan dan temuan dari masyarakat atau publik yang tidak bisa ditindaklanjuti akan melemahkan serta menurunkan trust masyarakat dan publik terhadap lembaga kita,” ujarnya.
Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah ini menyatakan, harus ada penyamaan pemahaman dalam norma hukum terhadap penanganan pelanggaran pidana pemilu. Sentra Gakkumdu sebagai lembaga yang memiliki otoritas kewenangan dalam penegakan hukum dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan untuk dapat menindaklanjuti setiap temuan dan laporan pelanggaran pidana pemilu.
“Misi kita adalah menjaga marwah dari demokrasi pemilu itu sendiri, dukungan dalam kerja-kerja Sentra Gakkumdu sangat menentukan tingkat kepercayaan publik dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas,” paparnya.
Penulis dan Photo : Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung
Waktu:
Kamis, 22 Februari 2018 - 08:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Bawaslu Live Stream