• English
  • Bahasa Indonesia

Mendagri: Bawaslu Sudah Siap Awasi Pilkada 2018

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Menghadapi gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilu 2019 yang semakin dekat, Bawaslu melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (9/1/2018). Pertemuan membahas kerawanan Pilkada seperti politik uang, kampanye hitam, hingga netralitas ASN, TNI, dan Polri serta cara mengatasinya. Terhadap kerawanan tersebut, menurut Mendagri Pemerintah meyakini Bawaslu sudah siap dalam melakukan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2018.

"Pemerintah optimistis Bawaslu sudah siap," kata Mendagri usai pertemuan. Dalam pertemuan itu, dari pihak Bawaslu hadir pula Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, Rahmat Bagja, Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro, Kepala Biro H2PI Ferdinand Eskol Tiar Sirait, dan Kepala Bagian Humas dan Antar Lembaga Hengky Pramono.

Ibarat pasukan perang, sambung Tjahjo, komando di Bawaslu sudah sampai pada tingkat paling bawah. Saat ini, jajaran Bawaslu telah terbentuk hingga level kecamatan. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan pelantikan Pengawas Pemilu ditingkat Kelurahan/Desa dan dilanjutkan bimbingan teknis.

Tjahjo menambahkan, dalam menghadapi Pilkada 2018 Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilaksanakannya konsolidasi bersama antara Bawaslu, KPU, Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung dengan melibatkan seluruh jajarannya masing-masing sampai tingkat kabupaten/kota. "Mudah-mudahan hal-hal yang diharapkan oleh Bapak Presiden bahwa kampanye ini bukan soal menang kalah tapi cari pmimpin yang amanah, mari kita adu program, konsep dari para calon yang ada. Mudah-mudahan akan bisa lancar," tandasnya.

Ketua Bawaslu, Abhan mengungkapkan Bawaslu-Kemendagri mengharapkan kampanye hitam tidak terjadi pada Pilkada 2018. Kompetisi yang diharapkan, adalah pasangan calon beradu ide atau program kedepan mengenai cara sejahterakan rakyat dan daerahnya. Bawaslu sendiri akan melakukan upaya-upaya pencegahan untuk mengantisipasi kampanye hitem seperti melakukan sosialisasi dan mendorong partisipasi masyarakat serta dengan melibatkan tokoh-tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

"Bagaimana bisa mendinginkan suasana kompetisi ini. Meskipun panas tetap harus dingin dan endingnya adalah damai," kata Abhan.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 26 Juni 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Merlynn Park Hotel - Jakarta
Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu