• English
  • Bahasa Indonesia

Mediasi Tak Capai Kesepakatan, Bawaslu Akan Memutus Seadil-Adilnya

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Sidang mediasi antara partai politik yang dinyatakan tak lolos Pemilu 2019 oleh KPU RI kembali digelar Bawaslu RI pada Sabtu (24/2/2018) di Kantor Bawaslu RI, Jakarta. Pada mediasi antara KPU dengan Partai Idaman dan Parsindo, tidak tercapai kesepakatan dan akan dilanjutkan pada proses sidang adjudikasi.
Hingga hari ini, telah dilakukan mediasi antara KPU dengan tiga parpol. Proses mediasi dengan Partai Bulan Bintang (PBB) yang telah dilakukan kemarin, juga tidak menghasilkan kesepakatan. Proses penyelesaian sengketa pemilu tersebut akan dilanjutkan ke sidang Adjudikasi pada Senin (26/2/2018).
Ketua Bawaslu RI, Abhan yang memimpin langsung sidang mediasi ini bersama dengan Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo dan Rahmat Bagja serius memeriksa bukti-bukti yang dibawa oleh partai politik yang diajukan dalam sidang mediasi tersebut.
“Kami sudah memediasi tiga permohonan dari Partai Idaman, Parsindo dan PBB namun mediasi yang Bawaslu lakukan tidak berhasil terhadap ketiga partai politik tersebut,” ujar Abhan saat ditemui usai sidang mediasi.
Lebih lanjut, mantan ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menambahkan kepada semua pihak agar menyiapkan diri sebaik-baiknya dengan menyiapkan alat-alat bukti dalam persidangan Adjudikasi nanti, karena waktunya yang terbatas, “Harapan kami kita saling bekerjasama, kooperatif terutama dalam mematuhi waktu persidangan on time,” ujar Abhan.
Abhan juga mengajak bagi partai politik yang akan menjalani sidang adjudikasi nanti untuk tidak terlalu banyak membawa massa nya, “Percayalah kepada kami, bawaslu akan memutus dengan seadil-adilnya sesuai nanti dengan fakta-fakta persidangan dalam proses sidang adjudikasi,” pungkas Abhan.
Penulis dan Photo: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu