• English
  • Bahasa Indonesia

Masyarakat Diajak Ikut Kawal Coklit

Ketua Bawaslu, Abhan, Bersama Keluarga Usai Menerima Petugas PPDP. Foto: Nurisman

Semarang, Badan Pengawas Pemilu - KPU Provinsi Jawa Tengah mulai melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih serentak untuk memutakhiran data daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah 2018, Sabtu (20/1/2018). Kegiatan yang menjadi bagian dari pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih (muntarlih) dilakukan dengan cara door to door, dengan menyambangi kediaman Ketua Bawaslu RI, Abhan di Kampung Klipang, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Dengan disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Saka, Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, Ketua Panwaslu Kota Semarang Muhammad Amin serta tiga anggota Panwascam Tembalang, Petugas PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) Kota Semarang Aini serta Siti Khajarwati Pengawas Pemilihan Lapangan Kelurahan Sendangmulyo melakukan Coklit kepada keluarga Ketua Bawaslu RI Abhan, Istri dan dua anaknya.

"Gerakan awasi coklit ini bisa dijadikan momentum untuk semua terlibat mengawasi coklit guna memastikan DPT (Daftar Pemilih Tetap) nantinya tidak bermasalah, oleh karena itu Petugas PPDP harus aktif. Saya mengapresiasi positif gerakan coklit nasional ini, dan secara nasional Bawaslu juga meluncurkan gerakan Ayo Awasi Coklit," ujar Abhan sesuai di coklit petugas PPDP.

Ia mengungkapkan, dalam proses coklit ini Bawaslu menempatkan rakyat pada garda terdepan untuk memastikan seluruh masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih tercoklit oleh petugas dari KPU. Bawaslu bersama rakyat akan memastikan seluruh warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti. "Kita kawal dan awasi dari awal coklit ini, kami berharap dengan gerakan ayo awasi coklit, masyarakat aktif untuk memastikan dirinya dicoklit oleh petugas dari KPU hingga didapatkan data pemilih yang akurat dan komprehensif serta menggugah kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Fajar Saka menyatakan selama ini tahapan coklit menjadi akar permasalahan DPT, krusial dan setiap ada persoalan gugatan ke MK, tidak lepas dari persoalan DPT. "Kita pastikan dari akarnya, coklit harus memberikan citra keadilan bagi semua masyarakat dan kita harus pastikan juga coklit ini berjalan dengan baik, jangan sampai ada NIK ganda atau persoalan lainnya, Petugas KPU harus memastikan hal ini tidak terjadi," tegasnya.

Penulis dan Photo: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 12 Juli 2018 - 13:00 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta
Waktu:
Senin, 9 Juli 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Kantor DPP Parpol
Waktu:
Kamis, 5 Juli 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Kantor DPP Parpol
Waktu:
Rabu, 4 Juli 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Kantor DPP Parpol
Waktu:
Selasa, 3 Juli 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Kantor DPP Parpol

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu