• English
  • Bahasa Indonesia

JK: Jika Ingin Terus dipercaya Masyarakat, Semua Aspek Pemilu Harus diawasi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum -  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta Bawaslu lebih cermat dan lebih teliti dalam melakukan pengawasan disemua aspek dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Menurut dia jika Bawaslu ingin terus dipercaya oleh masyarakat, maka semua aspek dalam Pemilu harus diawasi dengan baik.

“Bawaslu penting. Kita semua ingin Pemilu yang kredibel. Jika Bawaslu tidak berhasil dalam mengawal dan mengawasi semua proses tahapan Pemilu maka akan dianggap mengecewakan masyarakat secara luas. Tegas Jusuf Kalla (JK) ketika menghadiri Rakornas Bawaslu, di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Menurut JK, Pemilu serentak 2019 akan menjadi Pemilu terumit ketiga di dunia. Masyarakat sebagai pemilih akan mencoblos lima surat suara sekaligus yaitu Calon Presiden/Wakil Presiden, DPR dan DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Tentunya kerumitan ini harus bisa diatasi oleh penyelenggara Pemilu, salah satunya Bawaslu.

“Jadi, saya tekankan, jika Bawaslu ingin terus dipercaya oleh masyarakat, maka pengawasan harus lebih dimaksimalkan supaya Pemilu nanti berjalan baik,” jelas JK.

Selain itu, JK mengatakan, Bawaslu sebagai pihak atau lembaga yang mengawasi KPU, dan peserta Pemilu harus lebih pintar dari pihak yang diawasi. Yang mengawasi harus lebih pintar dari yang diawasi.

“Semua pekerjaan teknis KPU dan semua proses tahapan Pemilu oleh peserta Pemilu diawasi oleh Bawaslu. Maka jika ingin sukses, Bawaslu harus lebih pintar dari pihak yang diawasi oleh Bawaslu,” ujar JK.

Foto: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019