• English
  • Bahasa Indonesia

Daya Kritis Pemilih Pemula Diarahkan Ikut Awasi Pemilu

Palembang, Badan Pengawas Pemilu – Kualitas pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dinilai akan ikut ditentukan oleh bagaimana model keterlibatan pemilih pemula di dalamnya. Semakin terlibatnya pemilih pemula dalam pengawasan partisipatif, maka semakin besar pula peluang terciptanya pemilihan yang berintegritas.

Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan melakukan penggunaan hak pilihnya. Berdasarkan analisis Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2018, terdapat 10,6 juta pemilih pemula pada pilkada serentak gelombang ketiga tersebut. Menurut Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, keterlibatan aktif dan potensi daya kritis yang dimiliki pemilih pemula menjadi modal yang sangat berharga.

“Beberapa hal yang menjadi output dari peran pemilih pemula adalah mampu menumbuhkan kesadaran berpolitik secara dini, menjadi aktor politik dalam lingkup peran dengan status yang disandangnya, memahami hak dan kewajiban politik sebagai warga negara secara baik serta bijak dan mampu menentukan sikap aktivitas politiknya,” kata Fritz  dalam acara sosialisasi peran pemilih pemula sebagai pengawas partisipasif menuju Pilkada Kota Palembang yang jujur aman dan bermartabat di Palembang, Jumat, (23/3/2018).

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI ini menambahkan, pemilih pemula dapat memberikan kontribusinya dengan cara melaporkan adanya dugaan pelanggaran pemilu minimal di sekitar tempat tinggal mereka. Fritz berharap, pemilih pemula dapat menjadi pemilih yang cerdas dengan cara memilih pemimimpin yang memiliki program yang baik, berintegritas dan nilai kejujuran yang tinggi.

Secara umum, Fritz mengungkapkan selama ini pemilih pemula dalam hal ini pemuda dan pelajar kerap dimanfaatkan sebagai objek politik saja. Yakni, hanya untuk kepentingan penghitungan suara sehingga tujuan pendidikan politik bagi remaja tidak tercapai.

“Setiap dari pada kita punya peran untuk melakukan partisipasi, serta punya peran untuk hadir dalam proses pemilihan,” pungkas Fritz.

Penulis dan photo: Nurisman

 

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019