• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Tekankan Kerjasama Kolektif Kolegial Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota

Jatinangor, Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin, menekankan pentingnya nilai kebangsaan dan soliditas dalam mengemban tugas sebagai pengawas pemilu. Hal itu diungkapkannya saat membuka kegiatan Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaan dan Soliditas Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat Tahun 2018 di kampus IPDN Jatinangor, Jumat malam (25/08/2018).  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk mengkonsolidasi dan meningkatkan soliditas anggota Bawaslu Kabupaten/Kota pasca pelantikan dalam rangka menghadapi pemilu 2019. “Nilai kebangsaan dan soliditas itu penting. Kami memilih orang-orang yang mau bekerjasama, karena kerja kita kolektif kolegial. Semua harus saling mengingatkan," ujar Afif dalam sambutan pengarahannya. 

Di hadapan kurang lebih 300 peserta, Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini menjabarkan hubungan antara sekretariat dan komisioner di Bawaslu. Menurut Afif, untuk meningkatkan soliditas dan keharmonisan antara sekretariat dan komisioner bisa dilakukan dari hal-hal kecil seperti makan malam bersama, minum kopi atau teh bersama, atau sarapan bersama. “Kalau pada hal-hal kecil saja bapak ibu tidak bisa lakukan, bagaimana mungkin nanti bapak ibu sekalian bisa mengambil keputusan dengan mudah pada hal-hal yang berat pada saatnya nanti,” kata Afif.

Dalam kesempatan itu, Afif mengingatkan bahwa momen penting harus diciptakan. Begitu pula standar tentang apa yang harus dilakukan selama tahapan, apa yang harus diawasi dan apa yang harus ditindak. Tugas dan pekerjaan ini harus dibagi, karena ketua tidak mungkin menyelesaikan semua pekerjaan. “Ciptakan kreatifitas, bagi pekerjaan antar sesama anggota, berpikir secara out of the box terhadap apa yang bisa kita lakukan untuk mengajak masyarakat mengawasi serta membantu kita mengawasi pemilu,” tambah Afif.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Tim Seleksi Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Wakil Komandan Paspamres Grup C Lawang Gintung Bogor, Kepala Sekretariat dan jajaran pejabat struktur serta staf bawaslu provinsi Jawa Barat ini tidak lupa Afif mengucapkan selamat kepada seluruh komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota yang baru dilantik pertengahan Agustus 2018 yang lalu.

Penulis dan Photo: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu