• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu - ORI Bahas MoU Kerjasama Pelayanan Publik dalam Pemilu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Bawaslu RI melakukan audiensi dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) di Kantor ORI, Jakarta, Rabu (17/1/2018). Audiensi tersebut membahas rencana penandatanganan nota kesepahaman antara Bawaslu RI dan ORI terkait pelayanan publik dalam pengawasan penyelenggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, dalam konteks mengawal demokrasi agar lebih baik, Bawaslu memandang perlu bersinergi dengan lembaga-lembaga negara lain. Bawaslu memandang Ombudsman juga memiliki peran dalam mengawal demokrasi ini terutama dari sisi aspek pelayanan publik.

Menurutnya dalam aspek pengawasan, Bawaslu tentu akan bersinggungan dengan pelayanan publik. Apalagi, sambungnya, sebagai badan publik Bawaslu juga harus melayani Publik. Bukan hanya melayani publik dalam konteks Partai Politik (Parpol), akan tetapi juga melayani masyarakat.

Bahkan pelayanan yang harus dilakukan Bawaslu, lanjut Ketua Bawaslu tidak hanya sekedar persoalan merespon surat. Melainkan juga, pelayanan berupa proses adjudikasi dan sengketa.

Dalam konteks ini, Abhan mengungkapkan Bawaslu sadar pasti akan banyak aduan. Bukan hanya aduan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tetapi masyarakat juga bisa mengadu ke ORI apabila pelayanan Bawaslu kurang maksimal.

"Maka dalam konteks ini kedepan kami memandang perlu ada MoU antara Bawaslu dan ORI, terkait dengan standar pelayanan yang harus Bawaslu lakukan," ujarnya.

Audiensi Bawaslu diterima oleh Ketua Ombudsman RIAmzulian Rifai, Anggota Ombudsman RINinik Rahayu dan Ahmad Suadi. Dari Pihak Bawaslu selain Ketua Bawaslu Abhan, hadir pula Anggota Bawaslu RI Mochamad Afifuddin dan Fritz Edward Siregar.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 22 Februari 2018 - 08:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 9 Februari 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 8 Februari 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Jakarta

Bawaslu Live Stream

BAWASLU Memanggil
BAWASLU Memanggil