• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Minta KPU Cermati Lagi DPT Hasil Perbaikan PSU Sampang

Sampang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – KPU melakukan uji publik terhadap hasil perbaikan daftar pemilih tetap (HPDPT) Pilkada Kabupaten Sampang, Jawa Timur Tahun 2018 pada Minggu (14/10/2018), pasca keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pemungutan suara ulang (PSU). Menanggapi hal tersebut, Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengecek kembali secara detail dan teliti hasil perbaikan daftar pemilih tetap (HPDPT) Pilkada Sampang, Jawa Timur sebelum ditetapkan.
“Bawaslu minta kepada KPU untuk mengecek kembali secara detail, teliti dan terperinci kira-kira apakah ada data yang kurang valid. Ini harus dilakukan oleh KPU supaya tidak ada hal yang terjadi yang tidak diinginkan sebelumnya,” kata Afif dalam uji publik tersebut.
Afif menambahkan, jangan sampai permasalahan yang melatarbelakangi putusan MK terkait Pilkada Sampang ini muncul kembali. KPU harus lebih teliti dalam meresmikan DPT Pilkada sampang nanti. Menurut Afif, pihak-pihak terkait harus dilibatkan dalam menangani persoalan ini.
Untuk diketahui, setelah HPDPT akan ditetapkan sebagai DPT pada 16 Oktober, PSU Pilkada di Kabupaten Sampang akan dilangsungkan pada tanggal 27 Oktober 2018. Demi terselenggaranya Pilkada sampang secara bersih, Afif menegaskan siap turun langsung saat pemungutan bersama jajaran Bawaslu Jatim dan Sampang.
“Bawaslu tentunya siap mengawal dan mengawasi PSU Sampang nanti sampai selesai. Bawaslu tidak ingin adanya PSU nomor berikutnya di Sampang. Bawaslu akan kawal supaya pesta rakyat Sampang ini terselesaikan dengan baik,” ucap Afifuddin.
Turut hadir dalam uji publik DPT Pilkada Sampang ini Ketua Bawaslu RI Abhan, Ketua dan Anggota KPU, perwakilan seluruh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang, perwakilan partai politik, Kepolisian, dan stakeholders lainnya di Sampang.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu