• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu: Jaga Kesucian Ramadhan, Jangan Berkampanye di Tempat Ibadah

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bulan suci Ramadhan tahun ini berbarengan dengan sisa tahapan kampanye Pilkada 2018. Anggota Bawaslu RI M. Afifuddin  meminta kepada semua pihak yang memiliki kepentingan terhadap pasangan calon (paslon) kepala daerah untuk bisa menjaga bulan suci dengan tidak berkampanye di tempat ibadah.
 
“Semua pihak harus menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan tidak berkampanye di tempat ibadah dan tempat lainnya yang dilarang undang-undang serta bisa menahan diri untuk tidak melakukan politik uang,” lanjut Afif saat konferensi pers dengan melibatkan 13 organisasi Islam di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (15/5/2018).
 
Afif mengatakan larangan tidak boleh kampanye di tempat ibadah saat bulan suci Ramadhan bukan berarti di bulan lain boleh dilakukan. Ini demi menjaga bulan suci, yang ditakutkan, sambung Afif, pemberian zaqat, infaq, dan sedekah dimanfaatkan untuk menggiring umat memilih calon tertentu. 
 
Selain itu, mantan Koordinator Nasional JPPR ini juga meyakini para tokoh agama Islam adalah aktor penting yang masih dipercaya dan didengarkan oleh jamaah. Untuk itu, para tokoh agama Islam diharapkan menjadi pendorong bagi para pihak untuk tidak berkampanye di tempat ibadah guna menghasilkan Pilkada yang bersih dan berkualitas.
 
Afif juga menegaskan Bawaslu akan intens melakukan pengawasan kampanye pada bulan suci Ramadhan dengan diringi langkah pencegahan dan penindakan jika ada indikasi pelanggaran. “Intinya, Bawaslu akan lebih aktif supaya pada bulan yang suci ini tidak ada pelanggaran, baik kampanye, menyebar isu SARA atau pelanggaran lainnya,” ujar dia.
 
Penulis/Foto: Irwan
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu