• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Bangun Kerja Sama dengan ANFREL

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Asian Network For Free Eelections (ANFREL) tentang kerja sama dalam rangka pengembangan kemampuan dalam pengawasan Pemilu.

Nota kesepahaman ini ditandatangani Ketua Bawaslu RI Abhan sebagai pihak pertama dan Direktur Executive ANFREL Ichal Supriadi selaku pihak kedua. Penandatanganan ini digelar di Kantor Bawaslu RI, Jalan M.H. Thamrin 14, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018).

Ketua Bawaslu RI Abhan menganggap penting dilakukannya MoU dengan lembaga pemantau. Semoga, kata Abhan, MoU ini menjadi salah satu langkah Bawaslu bagaimana meningkatkan dan menyosialisasikan lembaga pengawas Pemilu ke seluruh dunia.

"Kerja sama dengan ANFREL ini sangat penting karena bisa saling berdiskusi terkait perjalanan demokrasi melalui Pilkada dan Pemilu di Indonesia ke tingkat Asia," sambung Abhan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Executive ANFREL Ichal Supriadi mengatakan, sebagai pelaku pemantau Pemilu di Asia, ANFREL telah mengamati secara merata di 26 Negara Asia. Ternyata hanya ada beberapa negara di Asia yang masih bertahan dan berkembang secara baik stabilitas politik, demokrasi dan Pemilu nya.

Beberapa negara tersebut, yaitu Indonesia, Korea, dan Timor Leste. Selebihnya dalam posisi tantangan dan butuh perkembangan dan kestabilan dalam berdemokrasi.

Selain itu, Ichal Supriadi mengungkapkan, MoU antara Bawaslu dengan ANFREL ini buah dari bertemunya sebuah mandat yang dimiliki antara Bawaslu dan ANFREL Bawaslu merupakan pemantau Pemilu yang juga lembaga pengawas sekaligus penegakan hukum Pemilu di Indonesia, sedangkan ANFREL merupakan pemantauan Pemilu seluruh Asia.

"MoU ini terbentuk karena adanya kepentingan dan tujuan yang sama terkait pelaksanaan Pemilu," ujar dia.

Dengan adanya MoU ini, Ichal juga berharap mampu menguatkan pelaksanaan demokrasi di Indonesia dan dapat melibatkan Bawaslu untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan dan mempertahanakan Pemilu di Asia selanjutnya.

"Atas dilakukannya MoU ini, saya ucapkan terima kasih. MoU ini akan menjadi awal dari kerja sama yang baik dalam memunculkan demokrasi di Indonesia dan Asia bahkan dunia," tutup Ichal.

Penulis/Foto: Irwan/Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta
Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 18:30 WIB
Tempat :
Berita Satu, Jakarta
Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 10:30 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI
Waktu:
Jumat, 21 September 2018 - 17:30 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 20 September 2018 - 18:30 WIB
Tempat :
TV ONE, Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu