• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak WNI Ikut Awasi Pemilu Luar Negeri

Bawaslu akan fokus mengawasi kampanye yang menggunakan ujaran kebencian, hoaks dan Politisasi SARA yang ada di luar negeri dengan mengajak WNI ikut pengawasan partisipatif.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan melakukan sosialisasi tentang kepemiluan bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Bawaslu mengajak agar WNI yang tinggal di luar negeri dapat berpartisipasi mengawasi Pemilu di luar negeri. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro saat memimpin Rapat Pokja Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri (Panwaslu LN) antara Bawaslu dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)  di ruang rapat Inspektorat Jenderal Gedung Kemenlu, Jakarta, Kamis (19/04/2018).

“Kami akan mengajak masyarakat yang ada di tujuh regional perwakilan bisa ikut serta dalam pengawasan pemilu partisipatif,” ujar Gunawan. Dia menyebutkan, tantangan Panwas yang terpilih pada Pemilu ke depan akan semakin berat. Maka dari itu, perlu adanya partisipasi dari masyarakat, termasuk WNI di luar negeri.

Gunawan menyampaikan, Panwaslu LN akan dibantu oleh pokja ini membantu dan menampung apa yang menjadi masalah Pengawasan Pemilu di luar negeri. Bawaslu juga akan fokus mengawasi kampanye yang menggunakan ujaran kebencian, hoaks dan Politisasi SARA yang ada di luar negeri. 

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama tahapan pemilu di luar negeri. Pentingya pokja ini untuk selalu berkordinasi dengan panwas-panwas di masing-masing perwakilan. Setelah itu akan kita analisa dan kita lakukan supervisi untuk melakukan pencegahan,” pungkasnya.

Penulis/Foto : Baguz

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung

Video Bawaslu

Bawaslu Memanggil
Bawaslu Memanggil