• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Aktif di Pemilu

Medan, Sumatera Utara.  Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar mengatakan, para pemilih pemula harus menjadi pemilih yang aktif dan berpartisipasi dalam mengawasi jalannya Pemilu. Hal tersebut disampaikan Fritz dalam acara Dies Natalis ke – 68 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Medan, Rabu (7/2/2018).

“Sebuah proses pemilihan itu adalah sebuah langkah untuk membuat negara kita lebih baik. Perlu yang namanya pendidikan politik agar cerdas dalam menyikapi berbagai proses politik,” ujar Fritz.

Fritz menjelaskan, Bawaslu memiliki gerakan partisipatif. “Gerakan partisipatif adalah langkah  kontribusi kalian untuk negeri ini dalam pengawasan Pemilu. Kami sangat membutuhkan bantuan dari mahasiswa. Sehebat-hebatnya Bawaslu dan sebanyak apapun aparatur di Bawaslu, tidak akan mampu melakukan proses pengawasan tanpa bantuan dari masyarakat,” jelasnya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, sambung Fritz, fungsi dari Bawaslu bukan hanya mengawasi jalannya pemilu saja. Bawaslu bukan hanya sebagai pengawas tapi juga melakukan fungsi pencegahan, penindakan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa. “Hal ini dikarenakan proses pemilu yang cepat sehingga membutuhkan keputusan yang cepat. Agar keadilan Pemilu dapat tercapai,” pungkasnya.

Penulis/Foto: Baguz

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 22 Februari 2018 - 08:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 9 Februari 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 8 Februari 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Jakarta

Bawaslu Live Stream

BAWASLU Memanggil
BAWASLU Memanggil