• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Masyarakat Banten Awasi Pilkada

Tangerang, Badan Pengawas Pemilu -Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada di Banten, Bawaslu menggelar Rapat Koordinasasi (Rakor) Stakeholder Sinergi Penyelenggara Pemilu dan Masyarakat Dalam Pengawasan Pilkada Tahun 2018 dengan mengundang stakeholder Pemilu termasuk organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, dan organisasi keagamaan di Tangerang, Sabtu (16/12/2017).

Tenagah Ahli Bawaslu RI Masykurudin Hafidz menjelaskan, masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam menyukseskan Pilkada ataupun Pemilu. Melalui kehadiran organisasi masyarakat, kepemudaan, dan keagamaan, maka dapat mendorong seluruh masyarakat Banten untuk turut serta dalam proses Pilkada dan pengawasan Pilkada.

"Menjadi kelebihan Indonesia yang memiliki berbagai organisasi masyarakat yang dapat menjadi mediator antara masyarakat dengan pemerintah," ujar Masykurudin.
 
Menurut Masykur, organisasi masyarakat ini menjadi perwakilan masyarakat untuk bisa menjadi pelopor pengawasan Pemilu. "Sengaja Bawaslu mengundang organisasi masyarakat di Banten agar dapat menjadi perpanjangantangan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat lainnya," terangnya.
 
Anggota Bawaslu Banten Ali Faisal juga mengajak masyarakat Banten untuk melaksanakan Pilkada dan mengawasi tahapannya.
"Kita harus memastikan proses pilkada berhasil dengan baik. Kita kawal sedini mungkin. Kita tegakkan demokrasi yang substansial, bukan hanya prosedural," ujar Ali.
 
Dalam Rakor Stakeholder ini juga dilaksanakan diskusi mengenai potensi-potensi permasalahan Pilkada di Banten. Hasil dari diskusi disampaikan dalam bentuk rekomendasi dan tindak lanjut yang akan menjadi data Bawaslu dalam mengawasi Pilkada di Banten.
 
Penulis/Foto: Pratiwi/ Irwan
Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 26 Juni 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Merlynn Park Hotel - Jakarta
Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu