• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak HMI Wujudkan Pilkada Damai dan Bermartabat

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo mengajak Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk ikut serta dan ambil bagian dalam menentukan Pilkada damai dan bermartabat. Ajakan tersebut disampaikan oleh Ratna Dewi saat mengunjungi dan berdiskusi dengan HMI cabang Kota Jambi, di Kantor HMI Jambi, Jumat (23/3/2018).

“Menentukan Pilkada damai dan bermartabat merupakan tanggung jawab kita semua, baik dari unsur penyelenggara Pemilu, kalangan mahasiswa, organisasi, dan masyarakat secara luas. Kita harus memiliki perhatian dalam pesta rakyat lima tahunan ini guna menghasilkan pemimpin daerah yang amanah,” ujar Dewi.

Untuk itu, sambung Koordinator Divisi Penindakan tersebut, menjadi hal yang wajib bagi kita sebagai warga negara dan pihak yang ikut berkepentingan dalam pelaksanaan Pilkada secara ikhlas mendedikasikan diri untuk menentukan Pilkada yang demokratis.

Mendedikasikan dalam artian, HMI khususnya harus menjadi pemilih yang rasional. HMI, kata Dewi, bisa ambil peran bagaimana menolak politik uang serta menyosialisasikan kepada masyarakat tentang melawan kejahatan dalam Pemilu ini.

Pilkada serentak gelombang III yang akan dilangsungkan pada 27 Juni 2018 di 171 daerah akan didominasi banyaknya pemilih pemula. Memandang hal tersebut, mantan Ketua Bawaslu Sulteng itu mengingatkan kepada pemilih pemula untuk menjadi pemilih yang rasional. Jangan sampai suara digadaikan karena selembar uang. Pemilih, khususnya pemilih pemula harus menjadi pemilih yang cerdas.

Selain itu, Dewi juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya yang memiliki hak pilih pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 untuk tidak Golput. Di Indonesia, sambung Dewi, memang memilih itu tidak wajib, hanya dikategorikan sebagai hak, tapi, Golput bukan pilihan.

“Pemilih cerdas tidak Golput. Kita Golput pun tetap kita akan dipimpin oleh pasangan yang terpilih entah pasangan itu yang kita suka atau tidak suka. Intinya Golput bukan pilihan. Kita harus menjadi pemilih cerdas dan rasional,” tutup Ratna Dewi.

Penulis/Foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung
Waktu:
Kamis, 22 Februari 2018 - 08:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Sabtu, 10 Februari 2018 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Bawaslu Live Stream