• English
  • Bahasa Indonesia

Anggota Bawaslu RI Resmikan Pojok Pengawasan Bawaslu Kota Sorong

Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja saat meresmikan Pojok Pengawasan di Kantor Bawaslu Kota Sorong, Papua Barat, Senin (29/10/2018).

Papua Barat, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja meresmikan Pojok Pengawasan di Kantor Bawaslu Kota Sorong, Papua Barat, Senin (29/10/2018). Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita dan disaksikan seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi se-Indonesia.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa itu mengatakan dengan adanya dan diresmikannya pojok pengawasan Bawaslu Kota Sorong semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Sorong dan Papua Barat secara keseluruhan dalam melakukan pembelajaran dan diskusi tentang Pemilu serta menyampaikan laporan pelanggaran Pemilu.

“Semoga manfaatnya banyak atas adanya pojok pengawasan ini.  Saya harap juga pojok pengawasan ini dapat dijadikan sarana yang nyaman buat masyarakat Papua Barat dalam menyangkut pelaksanaan Pemilu,” sambung dia.

Selain itu, menurut Bagja, pojok pengawasan tersebut bertujuan sebagai wadah interaksi antara masyarakat pemilih dengan Bawaslu. Jadi, Pojok Pengawasan ini titik temu masyarakat pemilih dengan Bawaslu, sehingga bisa mendekatkan Bawaslu dengan semua pihak-pihak yang ikut melakukan pengawasan Pemilu.

Melalui Pojok Pengawasan, lanjut Bagja, masyarakat pemilih bisa berdiskusi dan bertukar pikiran tentang pengawasan Pemilu di Kota Sorong khususnya. Sehingga, sambung dia, proses pesta demokrasi ini bisa berlangsung sesuai keinginan bersama.

"Kalau ada ide dan gagasan kan bisa ngobrol lebih santai di sini. Pojok pengawasan ini bisa jadi tempat diskusi dan bertukar pikiran yang cair. Jadi tidak melulu formal dalam bentuk rapat," ucap Bagja.

Ia menuturkan gagasan pojok pengawasan ini sudah diaplikasikan ke Bawaslu di 34 provisi di Indonesia terutama yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 kemarin. Hal ini dilaksanakan agar pelaksanaan Pilkada di seluruh daerah berjalan baik, dan tentunya berimbas terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 yang lebih baik pula.

Intinya, kata Bagja, pojok pengawasan ini dilahirkan supaya Bawaslu RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota lebih dekat lagi secara personal ke masyarakat. Masyarakat selalu Bawaslu rangkul dalam setiap pesta demokrasi. Salah satunya Bawaslu buatkan pojok pengawasan suapaya hubungan Bawaslu lebih erat lagi.

Penulis/foto: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu