• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan : Bawa IKP Bawaslu Go Internasioanal

Nusa Dua, Badan Pengawas Pemilu - Usai meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018, Bawaslu RI menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Peta Kerawanan Pemilu Tahun 2019 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Sabtu (16/12/2017). Kegiatan yang dihadiri oleh divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Provinsi se-Indonesia akan berlangsung dari 16 s.d. 18 Desember 2017.

Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam pembukaan mengatakan kegiatan ini bagian dari ikhtiar Bawaslu untuk terus menyempurnakan IKP. "IKP Pilkada Tahun 2018 yang kita luncurkan mendapat respon publik yang baik karena suport dan dukungan dari kawan-kawan di provinsi," kata Abhan.

Ia menambahkan, UU 7 Tahun 2017 secara eksplisit menyebutkan Bawaslu mempunyai kewajiban dalam menyusun tata laksana pengawasan dan pencegahan dan pemetaan kerawanan pemilu. "Kita sudah jawab amanat UU 7 Tahun 2017 ini dengan meluncurkan IKP Pemilu 2018 serta kita mengadakan pelatihan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan," ujarnya.

Bawaslu, sambung Abhan, berupaya mendorong IKP Bawaslu untuk Go Internasional atau menginternasionalkan IKP di Asia atau Asia Tenggara. "IKP Tahun 2019 kita dorong untuk Bawaslu Go Internasional dalam pengawasan dan pencegahan kerawanan pemilu untuk di Asia dan Asia Tenggara," tambahnya.

Ia menguraikan, kompleksitas IKP Pemilu Nasional Tahun 2019 ini lebih berat dari pemilu-pemilu sebelumnya. Dimana, pemilu nasional tahun 2019 merupakan pemilu pertama serentak Pemilu Legislatif dan Pilpres. "Kami memetakan adanya variabel kompleksitas dalam penyusunan pemetaan kerawanan Pemilu 2019 ini, yakni kompleksitas persoalan kampanye serentak, dimana lama tahapan kampanye nasional ini tujuh bulan. Kemudian kompleksitas penanganan pelanggaran khususnya money politik, dimana persoalan money politik didalam penangganan pelanggaranya lebih berat dalam aspek regulasi," pungkas Abhan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin, Fritz Edward Siregar, Rahmat Bagja, serta Kapala Biro TP3 Ahmad Khumaidi, Kepala Bagian ATP Ilham, serta Tenaga Ahli dan Tim Asistensi Bawaslu RI.

Penulis dan Photo: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu