• English
  • Bahasa Indonesia

3.646 Panwas se-Kabupaten Banyumas Hadiri Apel Akbar Patroli Pengawasan Pilkada

Banyumas, Badan Pengawas Pemilu – Sebanyak 3.646 personel yang terdiri dari pengawas TPS, pengawas pemilu lapangan (PPL), pengawas kelurahan/desa, Panwas Kecamatan dan Panwas Kabupaten menghadiri Apel Akbar  Patroli Pengawasan Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah,  serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 di Alun-Alun Banyumas, Sabtu, (23/6/2018).

Apel akbar patroli pengawasan ini dipimpin oleh Ketua Bawaslu RI Abhan. Abhan menjelaskan, kegiatan ini adalah bagian dari program Bawaslu RI dalam rangka meneguhkan komitmen dari jajaran pengawas pemilihan di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pilkada. Peneguhan komitmen untuk tugas pengawasan sangat penting bagi jajaran pengawasan pemilihan, apalagi tahapan Pilkada menuju hari H pemungutan tinggal menghitung hari yaitu tanggal 27 Juni 2018.

“Dengan kegiatan apel akbar ini kami berharap jajaran Panwas Kabupaten Banyumas khususnya dan seluruh Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018 untuk menentukan komitmen dalam mengawal dan mengawasi tahapan Pilkada ini. Memasuki masa tenang  tentu banyak potensi pelanggaran, maka jajaran pengawas Pemillihan harus siap melaksanakan pengawasan di masa tenang ini sampai pada hari H pemungutan suara,” kata Abhan saat menyampaikan arahannya.

Hari H pemungutan suara merupakan puncak dari seluruh rangkaian tahapan pilkada. Kalau tahapan-tahapan sebelumnya jajaran pengawas pemilu/pemilihan telah melaksanakan berbagai upaya pengawasan, pencegahan dan penindakan dengan baik dan maksimal, maka di sisa-sisa tahapan masa tenang dan hari H pemungutan dan penghitungan suara harus lebih baik untuk melakukan tugas-tugas pengawasan di tahapan ini.

Selanjutnya, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu ini mengingatkan Panwas untuk menjaga integritas,netralitas dan independensi dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan. 

“Tugas pengawasan pada hari H pemungutan akan banyak beban pada jajaran pengawas di tingkat bawah, maka Bawaslu berharap jajaran pengawas tetap menjaga integritasnya dan berkomitmen untuk mengawasi tahapan-tahapan krusial dalam pemungutan dan penghitungan suara itu,” harap Abhan.

Apel Akbar  Patroli Pengawasan Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Plt Bupati Banyumas yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Banyumas, Anggota Forkominda Kabupaten Banyumas, Pimpinan Partai Politik,  Pimpinan Ormas.

 

Penulis/Foto: Christina Kartika

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 26 Juni 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Merlynn Park Hotel - Jakarta
Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu