• English
  • Bahasa Indonesia

Supervisi PSU Pilbup Nabire, Abhan: Terpantau Masih Kondusif

Ketua Bawaslu Abhan saat memantau daftar pemilih tetap di TPS 10 Distrik Nabire untuk pemungutan suara ulang Pilkada Kabupaten Nabire, Rabu 28 Juli 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Nabire, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan melakukan supervisi pengawasan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Nabire, Provinsi Papua di beberapa tempat pemungutan suara (TPS). Dalam pantauannya, dia melihat kondisi masih tertangani oleh pihak Pengawas TPS.

Abhan menjelaskan walau masih bisa terkendali, dalam supervisinya, dia menemukan beberapa kesalahan administrasi dalam proses PSU. Abhan misalnya menemukan masih terdapat pemilih tidak mendapat C.Pemberitahuan serta masih ditemukan TPS yang dimulai tidak tepat waktu pukul 07.00 WIT.

Dia menambahkan, masih terdapat Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak ditempel di papan TPS, dan DPT yang ditempel di papan tidak dibintangi dalam kolom Nomor Induk Kependudukan (NIK). "Semua itu sudah diberikan saran perbaikan pada saat Pengawas Pemilihan menemukan hal tersebut," tegas Abhan di sela-sela pemantauan TPS 10, Nabire, Papua, Rabu (28/7/2021).

Selain itu, dirinya mengaku menemukan adanya TPS yang tidak menegakkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, seperti masih ada penumpukan pemilih di salah satu TPS.

"Ada beberapa TPS tidak menyediakan bilik khusus bagi pemilih dengan suhu di atas 37,3 celcius. Kalau kita lihat ada juga TPS yang fasilitas cuci tangannya letaknya jauh dari pintu masuk TPS," jelasnya.

Berdasarkan pantauan, Abhan juga menyatakan PSU hari ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan Pilkada pada 9 Desember 2020 lalu. Dia berharap hingga nanti pada hasil penghitungan suara, pasangan calon dan tim sukses diharapkan bisa tetap menjaga suasana tetap kondusif.

Dalam kunjungan ini, Abhan bersama Ketua KPU Ilham Saputra, Anggota KPU Viryan Azis, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Metusalak Infandi serta Ketua Bawaslu Kabupaten Nabire Adriana Sahempa. Abhan mengujungi beberapa TPS di Distrik Nabire yaitu TPS 02,TPS 8, TPS 10, TPS 04, TPS 03, serta TPS 19 dan TPS 20.

Sebagai informasi, KPU Kabupaten Nabire telah menetapkan DPT pada PSU sebanyak 86.064 pemilih yang terbagi atas pemilih laki-laki sebanyak 44.365 orang dan perempuan 41.699 orang. PSU Nabire sendiri dilakukan di 304 TPS yang tersebar di 15 distrik. Ke 15 distrik tersebut meliputi Nabire, Napan, Yaur, Uwapa, Wanggar, Siriwo, Makimi, Telur Umar, Teluk Kimi, Yaro, Wapoga, Nabire Barat, Moora, Dipa, dan Menou.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu