• English
  • Bahasa Indonesia

Sukseskan Pemilihan Jatim Satu

Surabaya, Awaslupadu.com. - Badan Pengawas Pemilu Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Stakeholders Pengawasan Pemilu dan Pelatihan Pengawasan Pemilu Bagi Media Massa dan Organisasi Kemasyarakatan Tahun 2013 Kada Provinsi Jawa Timur, Senin (29/7). Tujuan diselenggarakannya Rakor Stakeholder dan pelatihan media massa dan ormas ini adalah untuk melakukan koordinasi pengawasan antar pemangku kepentingan Pemilu Kada Provinsi Jawa Timur dan Pemilu legislatif 2014.



“Salah satu tugas Pengawas Pemilu adalah mengawasi penyelenggaraan Pemilu melalui upaya pencegahan pelanggaran Pemilu. Salah satu bentuk pencegahan pelanggaran yang dilakukan dalam Pemilu Kada adalah dengan mengetatkan koordinasi antar pemangku kepentingan di Provinsi Jawa Timur,” ujar Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Pengawasan Internal Jajang Abdullah saat membacakan laporan acara pembukaan Rakor Stakeholders Pengawasan Pemilu dan Pelatihan Pengawasan Pemilu Bagi Media Massa dan Organisasi Kemasyarakatan Tahun 2013.

Jajang menuturkan, Kegiatan Rakor Stakeholders Pengawasan Pemilu Kada dan Pelatihan Pengawasan Pemilu bagi Media Massa dan Ormas ini merupakan bagian dari program Bawaslu RI untuk melakukan koordinasi hubungan antar kelembagaan dalam rangka pengawasan Pemilu Kada tingkat Provinsi dan menjelang Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2014 mendatang.

“Untuk meningkatkan kualitas Pemilu Kada dan Pemilu 2014 yang bersih, berkualitas dan bermartabat , dalam acara yang digelar ini diharapkan komitmen seluruh pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur terhadap penyelenggaraan Pemilu Kada yang bersih, bermartabat dan berintegritas sekaligus mewujudkan pengawasan dalam seluruh tahapan Pemilu 2014,” ujarnya

Lanjut jajang mengatakan, bentuk acara Rakor Stakeholder rencana nya melalui talk show pembukaan dengan narasumber dari Stakeholders Pengawasan Pemilu Kada Provinsi Jawa Timur, talk show penutupan dengan narasumber dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, sedangkan pada pelatihan pengawasan Pemilu bagi media massa dan ormas, bentuk acaranya adalah pemaparan materi dari nara sumber berkompeten dibidangnya dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Bagi media massa dan ormas diberikan materi.

“Pemaparan materi rakor Stakeholder oleh narasumber terkait antara lain dari KPU, Kemendagri, PPATK, DKPP, dan aparatur pemerintahan dan aparatur keamanan di Provinsi Jawa Timur. Dilanjutkan dengan Tanya jawab dan diskusi kelompok yang akan membahas tentang hambatan dan permasalahan serta alternatif solusi terkait pengawasan Pemilu Kada Provinsi Jawa Timur yang nantinya menjadi rekomendasi Rakor Stakeholder,”ujarnya

Adapun peserta yang diundang dalam Rakor Stakeholder berasal dari Pemda Provinsi dan Pemda Kab/Kota, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota, KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota, Bawaslu Provinsi dan Panwaslu Kada Kabupaten/Kota, Pasangan Calon, Unsur Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, Media Massa serta Organisasi Masyarakat Sipil. Total peserta untuk stake holder berjumlah 300 orang serta untuk pelatihan media massa dan ormas, panitia mengundang sebanyak 80 peserta yang berasal dari 20 ormas dan 20 media massa. Setiap ormas dan media massa yang diundang mengirimkan 2 orang perwakilannya.

Rakor Stakeholders Pengawasan Pemilu Kada dan Pelatihan Pengawasan Pemilu bagi media massa dan ormas ini diselenggarakan pada tanggal 29 Juli s.d. 31 Juli 2013 di Hotel ShangriLa, Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu