• English
  • Bahasa Indonesia

Sengketa Acara Cepat, Bagja: Panwascam Harus Menjadi Mediator Yang Baik.

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja hadiri rapat koordinasi penyelesaian sengketa Bawaslu Kabupaten Bone Bolango, Rabu, (18/11/2020).

Kota Gorontalo, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja meminta dalam proses penyelesaian sengketa cepat, panwascam harus menjadi mediator yang baik di lapangan jika terdapat sengketa perselisihan antar peserta pemilihan.

Pasalnya, kata Bagja kewenangan mandat penyelesaian sengketa acara cepat antar peserta pemilihan diberikan kepada panwas kecamatan (Panwascam).

"Pendekatan kita bukan untuk menghukum teman-teman peserta pemilihan, tetapi mengkoreksi hal-hal yang administratif yang sangat kecil misalnya terkait dengan pemasangan APK, jadwal kampanye yang dapat memicu gesekan atau pertikaian di lapangan," kata Bagja dihadapan panwascam se-Kabupaten Bone Bolango pada rakor penyelesaian sengketa di Gorontalo, Rabu (18/11/2020).

Dia juga berharap panwascam adalah orang-orang yang paling tenang di lapangan dengan memperhatikan waktu serta tempat yang mudah untuk menyelesaikan perselisihan di lapangan bersama liason officer (LO) atau tim kampanye peserta pemilihan.

"Kemudian dalam menunjang adminstratif penyelesaian sengketa acara cepat, panwascam harus mempersiapkan berita acara dan laporan hasil pengawasan formulir model A di lapangan terkait dengan proses mediator antar peserta pemilihan agar semua proses tahapan berjalan dengan baik," ujarnya.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Gorontalo Ahmad Abdullah, Kordiv Hukum dan Datin Idris Usuli, dan pejabat strukutral di lingkungan Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo, Plh Ketua Bawaslu Bone Bolango Alti Mohamad, Koordinator Sekretariat Arkan Karim, serta LO pasangan calon bupati dan wakil bupati Bone Bolango.

foto dan penulis : Humas Bawaslu Bone Bolango

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu