• English
  • Bahasa Indonesia

Resmikan Si Jari Hubal, Abhan Harap Sistem Adminitrasi Ini Pintu Masuk Koordinasi dengan Eksternal

Ketua Bawaslu Abhan melaunching Si Jari Hubal Bawaslu di Bogor, Selasa (27/4/2021)/foto: Ranap Tumpal (Humas Bawaslu RI).

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengesahkan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Hubungan Antarlembaga Bawaslu (Si Jari Hubal). Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi bagian pengadminitrasian modern sekaligus pintu masuk koordinasi dan sinkronisasi dengan pihak eksternal yang tersaji kepada publik.

"Si Jari Hubal diharapkan bisa (menjadi) sistem adminitrasi yang mudah diakses publik. Aplikasi Si Jari Hubal merupakan aplikasi informasi berbasis website sebagai pintu masuk koordinasi, komunikasi kepada publik sekaligus sinkronisasi dengan pemangku kepentingan," tutur Abhan dalam acara Launching Si Jari Hubal Bawaslu di Jawa Barat, Selasa (27/4/2021).

Dia menyatakan Bawaslu sebagai lembaga yang organisasinya cukup besar, mulai dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang telah permanen hingga pengawas ad hoc (sementara) sampai Pengawas TPS memerlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Sejauh ini sudah ada kerja sama dengan berbagai pihak seperti penyelenggara pemilu (bersama KPU dan DKPP) juga kerja sama dengan kepolisian, kejaksanaan, KASN, lembaga pendidikan, dan banyak lembaga maupun organisasi.

"Kita sudah membuat MoU (memorandum of understanding/nota kesepahaman) dengan banyak pihak. Si Jari Hubal ini diharapkan bisa mengarsipkan dengan baik kerja sama. Inovasi ini harapannya bisa membuat Bawaslu lebih baik," tutur lelaki asal Pekalongan itu.

Abhan meminta Si Jari Hubal juga dapat memfasilitasi dalam persiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. "Pemilu Serentak 2024 bukan hanya menjadi tugas penyelenggara, melainkan juga menjadi tugas berbagai lembaga dan oraganisasi lainnya. Tentu akan banyak kerja sama sehingga inovasi ini dibutuhkan," akunya.

Sementara Kepala Biro Fasilitasi Pengawasan Bawaslu La Bayoni menyatakan poin terpenting aplikasi Si Jari adalah aplikasi berbasis website sebagai media komunikasi. Si Jari Hubal baginya sangat diperlukan Bawaslu mengingat penyimpanan selama secara manual, sehingga untuk memperbaharui atau menindaklanjuti kerja sama terkadang menyulitkan. "Aplikasi ini demi mempermudah kerja sama dengan pihak eksternal," ujarnya.

Dia menjabarkan, sejauh ini Bawaslu sudah mendatangani sebanyak 75 MoU. Jumlah tersebut terdiri dari 33 MoU sudah lewat tenggat waktu, 36 MoU yang masih berlaku, dan sisanya ada 6 MoU yang akan berakhir tahun ini. "Hari ini juga akan dibahas secara mendalam," imbuhnya.

Acara ini juga dihadiri Anggota Bawaslu M Afifuddin, Ketua DKPP Muhammad Alhamid serta Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar melalui daring (dalam jaringan).

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu