Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Ketua Bawaslu RI Pantau TPS di Wilayah Jakarta

Rab, 19/04/2017 - 13:46 -- pratiwi eka putri

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Ketua Bawaslu RI Abhan melakukan supervisi langsung ke beberapa TPS di wilayah Jakarta Pusat dalam rangka memastikan pelaksanaan putaran kedua Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 berlangsung aman dan demokratis.

Beberapa TPS yang dikunjungi yakni TPS
19, TPS 20, dan TPS 21 yang berlokasi di Kelurahan Petojo Selatan Kecamatan Gambir Jakarta Pusat.  Selain itu, Ketua Bawaslu juga mengunjungi TPS 33 Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran dan TPS 4 Kecamatan Gambir tempat Presiden RI Jokowi melakukan pemungutan suara.

Di semua TPS yang dikunjungi, Abhan mengingatkan pengawas TPS untuk memastikan setiap masyarakat menggunakan hak pilihnya. Ia juga meminta untuk memeriksa secara jeli penggunaan C6 dan surat keterangan yang kerap menjadi permasalahan saat pemungutan suara.

Seperti halnya di TPS 33 Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran, terdapat 776 masyarakat yang terdaftar di DPT. Sementara sekitar 170 masyarakat tidak terdaftar di DPT sehingga masuk ke DPT Tambahan (DPTb).

Berdasarkan pantauan, sekitar 20 masyarakat yang tidak terdaftar di DPT berbaris memanjang di TPS 33 sejak pukul 11.00 WIB untuk menggunakan hak pilihnya. Masyarakat yang tidak terdaftar di DPT ini harus menunggu hingga pukul 12.00 untuk mendaftar sebagai DPTb.

"Jangan sampai ada masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Pengawas harus memastikan masyarakat bisa memilih. Pastikan juga pemilih mengisi daftar hadir di TPS," ujar Abhan kepada pengawas TPS 33.

Selain itu, lanjut Abhan, jajaran pengawas harus memastikan kotak suara aman sampai dengan rekapitulasi tingkat provinsi. "Jajaran pengawas harus terus mengawal pergerakan kotak suara," jelasnya.

Abhan juga berharap pasangan calon dan tim sukses tetap menciptakan suasana yang kondusif guna menyukseskan Pilkada DKI Jakarta.

Sementara pasca menggunakan hak pilih, Jokowi mengatakan, perbedaan pemilihan politik jangan sampai memecah belah persatuan. Ia mengingatkan, siapapun yang terpilih harus diterima dengan lapang dada. "Yang harus kita ingat adalah bahwa kita bersaudara. Jangan sampai kita terpecah belah," kata Jokowi.

Jokowi meyakini bahwa pesta demokrasi Pilkada DKI Jakarta akan berjalan dengan lancar dan  akan menghasilkan pemimpin yang terbaik dan terpercaya.

Di TPS 19 terdapat 601 DPT, TPS 2 sebanyak 660 DPT dan 2 Suket, TPS 21 sebanyak 655 DP dan 2 Suket, TPS 4 Gambir sebanyak 456 DPT, dan TPS 33 Kemayoran sebanyak 776 DPT.

Penulis/Foto: Pratiwi/Nurisman