• English
  • Bahasa Indonesia

Di Depan Mahasiswa UIN, Puadi Jelaskan Tugas dan Wewenang Bawaslu

Suasana SINDO Goes To Campus seri Dialog Pemilu di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Tangerang Selatan, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Puadi menjelaskan tugas dan wewenang Bawaslu dalam pemilu dan pemilihan (pilkada). Menurutnya tugas Bawaslu mengawasi netralitas aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri.

“Kami juga mengawasi pelaksanaan Peraturan KPU, serta segala peraturan yang dikeluarkan KPU menjadi objek pengawasan Bawaslu,” kata Puadi dalam SINDO Goes To Campus seri Dialog Pemilu di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Dikatakan Puadi, Bawaslu memiliki kewenangan untuk mewujudkan keadilan pemilu. Dengan melakukan kontrol agar penyelenggaraan pemilu sesuai dengan hukum pemilu. Hal tersebut merupakan upaya untuk melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu.

“Tujuannya untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dalam melakukan pengawasan, Bawaslu melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran dan sengketa proses pemilu,” tuturnya.

Anggota Bawaslu DKI Jakarta periode 2018-2022 ini menuturkan, Bawaslu memiliki dua metode pengawasan. Pertama pengawasan melekat, yaitu serangkaian kegiatan yang dilakukan Bawaslu secara melekat terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu. Kedua pengawasan partisipatif.

“Pengawasan yang dilakukan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu, disampaikan dengan cara lisan atau tertulis kepada penyelenggara pemilu berupa sumbangan pemikiran, saran, gagasan, keluhan atau pengaduan yang bersifat membangun yang disampaikan baik secara langsung maupun melalui media,” terangnya. 

Editor: Ranap THS
Fotografer: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu