• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi: Pemilu Berkualitas Melibatkan Partisipasi Masyarakat

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat memberi arahan dalam 'Kick Off' SKPP 2021 di Gresik Jawa Timur, Selasa (15/6/2021).

Gresik, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, pemilu yang berkualitas adalah pemilu yang melibatkan partisipasi masyarakat. Tidak hanya milik penyelenggara, peserta pemilu dan stakeholder terkait. Dia mengungkapkan semuanya harus mengambil peran ikut memastikan proses demokrasi di tanah air berjalan sebagaimana harapan kita bersama.

"Kita pastikan bahwa dalam proses pemilu kita hadir dan pastikan pemilu berjalan dengan jujur dan adil," ucapnya dalam 'Kick Off' SKPP 2021 di Gresik Jawa Timur, Selasa (15/6/2021).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran ini menambahkan, semua pihak yang terkait dengan pesta demokrasi harus memiliki komitmen yang sama demi menciptakan pemilu yang bersih, jujur dan adil. Karena proses demokrasi tidak terlepas dari kepentingan kita sebagai pemegang daulat rakyat.

"Pemilu bukan milik siapa-siapa. Pemilu adalah milik kita rakyat sebagai pemeganag daulat rakyak. Kalau kita mau negara ini baik dan sejahtera maka tidak boleh kita cuek terhadap proses pemilu," tegasnya.

Menurut Dewi, pemilu merupakan satu-satunya cara yang konstitusional untuk menentukan siapa yang dikehendaki sebagai kepala negara. Pemilih berhak menentukan siapa yang pantas untuk menduduki jabatan tertentu.

"Itulah pentingnya kita hadir dalam proses pemilu," terangnya.

Teks dan foto : Bawaslu Provinsi Jawa Timur
Editor : Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu