• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Libatkan BPKP dalam Workshop SPIP di Jateng

Solo, Badan Pengawas Pemilu – Bagian Pengawasan Internal dan Tatalaksana Bawaslu RI menyelenggarakan Workshop Manajemen Risiko Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dilingkungan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 17-19 November 2014 di Hotel Aston Solo.

Workshop ini dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas. Dalam sambutannya Endang mengatakan kepada para pemateri yang berasal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Tengah, agar ilmu yang diketahui terkait Sistem Pengendalian Intern Pemerintah diajarkan kepada para peserta yang diantaranya Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan jajarannya sebanyak 14 orang serta Panwaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah sebanyak 35 orang.

“Terimakasih kepada beberapa narasumber dari BPKP sudah bisa hadir untuk menjadi pemateri dalam Workshop ini. Ke depannya kita harus menata organisasi ini supaya  lebih baik dan bisa dipercaya khususnya oleh masyarakat dan terutama oleh para peserta pemilu,” tutur Endang kepada perwakilan dari BPKP

Endang juga menambahkan, dalam hal manajemen risiko yang di dalamnya ada penilaian risiko dan pengelolaan risiko, tentunya harus didiskusikan bersama terutama dalam kerja lembaga Bawaslu serta jenis-jenis risiko yang ada ketika kita menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu.

Hal yang sama ditambahkan oleh Kepala Bagian Pengawasan Internal Bawaslu RI, Pakerti Luhur. Ia menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang pembendaharaan Negara, bahwa setiap Pimpinan Kementerian Lembaga wajib menyelenggarakan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) dan salah satu unsur dari SPIP ialah penilaian risiko.

“Tujuan diselenggarakannya acara Workshop Manajemen SPIP yaitu untuk memberikan pemahaman terhadap peserta terkait dengan penilaian risiko sehingga dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko yang berguna bagi pengambilan setiap keputusan,”  tutur Luhur.

Acara rapat Workshop ini di hadiri Pimpinan Bawaslu RI, Endang Wihdatiningtyas, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Abhan, Kepala Biro H2PI Bawaslu RI, Jajang Abdullah , Kepala Biro Administrasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Ahmad Khumaidi, Kepala Bagian Pengawasan Internal Bawaslu RI, Pakerti Luhur. Selain itu hadir empat narasumber dari BPKP Jawa Tengah, Adi Gunawan, Ardi Wirdianto, Suranto,  dan Iman Wisianto.

Sebelumnya, dalam meningkatkan kinerja dan pengawasan internal di jajaran Bawaslu, Bawaslu sudah melakukan kerjasama dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) dengan BPKP. Salah satu tujuan dari kerjasama tersebut, adalah membentuk karakter lembaga pengawas pemilu menjadi lembaga yang bersih dan memenuhi unsur-unsur dalam melaksanakan reformasi birokrasi.

 

Penulis                        : Irwan

Editor              : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu