• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Hadir di Pasar Seni ITB

Bandung, Bawaslu - Bandung lautan manusia,  menjadi pemandangan yang nyata pada saat mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berkreativitas melalui Pasar Seni  ITB 2014  yang di gelar di Kampus ITB Taman Sari Bandung Minggu, (23/11). Hujan yang sesekali turun deras tak mampu menghentikan minat warga Kota Bandung untuk mengunjungi stand demi stand di pelataran Fakultas Seni Rupa ITB, sejak pukul 08.00WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI)  yang menggelar stand di acara Pasar Seni ITB 2014 cukup mengundang keheranan pengunjung dikarenakan sebuah instansi atau lembaga formal pemerintah berani hadir pada sebuah pergelaran karya seni  yang bernafaskan non- formal. Namun keheranan dan kepenasaran ini justru berujung dengan melimpahnya pengunjung yang antri mendatangi stand Bawaslu RI.

Bawaslu RI melalui Bagian Humas dan Hubal menampilkan pesan kepemiluan agar warga peduli untuk turut serta mengawasi pelaksanaan Pemilu di Indonesia melalui beberapa media papan pesan dan banner yang tentunya dengan sentuhan seni sesuai thema Pasar Seni ITB 2014 untuk menyajikan tampilan dari sisi seni. Slogan Pasar seni ITB adalah bahwa semangat kreatifitas salah satunya muncul karena diasah, baik lewat pendidikan formal atau bahkan bisa jadi karena pergaulan.

Menu permainan yang ditampilkan Bawaslu RI berupa kuis menjadi rebutan pengunjung untuk memainkannya yaitu dengan cara menjawab pertanyaan sesuai yang ditunjukkan putaran rolet. Pertanyaan berkisar tentang masalah pengawasan kepemiluan dan peran serta masyarakat melalui Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu. Jawaban pertanyaan telah tersedia pada papan pesan yang ditampilkan di tenda Bawaslu serta pada brosur brosur yang dibagikan. Dengan semangat peserta menyempatkan diri membaca singkat terlebih dahulu agar mampu menjawab soal rolet dan merebut hadiah yang disediakan.

Pengunjung tidak terbatas pada mahasiswa dan kalangan muda, beberapa anak kecil dan pengunjung berusia 60 tahun keatas baik laki laki dan perempuan dengan antusias mengikuti permaianan rolet ini. Kuis dari permainan rolet berhadiah utama Kaus Bawaslu RI, dan hadiah lainnya berupa merchandise backtag dan pin Bawaslu RI.

Kepala Biro H2Pi Jajang Abdullah dan Kepala Bagian Humas Hubal Bawaslu RI yang memantau persiapan pameran ini berharap, Bawaslu RI mampu memasuki berbagai ranah komunitas masyarakat untuk dapat menyampaikan pesan kesadaran ikut mengawasi penyelenggaraan pemilu langsung kepada sararannya dengan hadir berbaur di segala event tanpa ada batasan.

Penulis : Nurmalawati Pulubuhu

Photo: Muhammad Zain Tarsang

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu