• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi Langsung PSU di Kabupaten PALI, Bagja Harap Tak Ada Pelanggaran

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja memeriksa DPT yang ditempel di depan TPS dalam PSU Pilbup PALI 2020, Rabu (21/4/2021)/foto: Boby (Humas Bawaslu Sumsel)

Sumatera Selatan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja turun langsung melakukan monitoring pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). PSU dilaksanakan di empat TPS, yaitu TPS 08 Desa Babat, TPS 09, dan TPS 10 Desa Air Itam kecamatan Penukal serta TPS 06 Desa Tempirai kecamatan Penukal Utara kabupaten PALI, Rabu (21/4/2021).

Bagja datang ke TPS 08 Babat sekitar pukul 09.00 WIB. Dia didampingi Ketua Bawaslu Sumatera Selatan (Sumsel) Iin Irwanto beserta Anggota serta Sentragakkumdu Pusat dari unsur kepolisian, Kompol Nur Said dan unsur kejaksaan, Jaksa Muhammad Faidul Alim Romas.

Bagja menyampaikan jajaran pengawas pemilu di Sumsel sudah melakukan pengawasan pelaksanaan secara baik PSU di Kabupaten PALI. Dia juga turut mengapresiasi masyarakat atau pemilih yang telah datang ke TPS 08 untuk menggunakan hak pilihnya. Bagja berpesan kepada masyarakat yang hadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saya senang melihat antusias masyarakat Desa Babat yang memiliki hak pilih di TPS 08, datang ke TPS guna menggunakan hak pilihnya. Saya berharap kepada seluruhnya, baik penyelenggara, tim keamanan gabungan, serta masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, baik di dalam TPS maupun di luar TPS,” ucapnya.

Selain meninjau langsung TPS 08 Desa Babat, Bagja juga berkunjung ke TPS 09 dan TPS 10 Desa Air Itam yang lokasinya tidak berjauhan. Saat mengunjungi TPS tersebut Bagja bertemu dengan pejabat sementara Bupati PALI Rosidin Hasan dan ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin beserta anggota yang juga sedang mengecek langsung pelaksanaan PSU.

Terakhir, Bagja meninjau pelaksanaan PSU di TPS 06 Desa Tempirai. Tiba pukul 11.00 di tengah terik matahari, pelaksanaan PSU di TPS 06 berlangsung kondusif, sebagian besar warga sudah menyalurkan hak pilihnya sejak pukul 07.00 pagi.

Ditanya terkait penanganan dugaan pelanggaran pidana khususnya politik uang, Bagja berharap dalam pelaksanaan PSU di PALI tidak terjadi pelanggaran.

"Terkait dugaan pelanggaran kita berharap tidak ada, kalaupun terdapat dugaan pelanggaran tindak pidana pemilihan silahkan dilaporkan kepada petugas pengawas untuk ditindaklanjuti," tutur Bagja.

Penulis: Mizan (Humas Bawaslu Sumsel)
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu