• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Minta Pemerintah dan Lembaga Pendidikan Makin Aktif Edukasi Tangkal Hoaks

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja menekankan pentingnya mengedukasi masyarakat dari bahaya hoaks yang menjamur di media sosial (medsos). Terlebih dalam masa pemilu 2019 seperti sekarang ini.

Share

Penghitungan Suara di TPS dan Kecamatan Paling Rawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan umum - Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja menunjuk, ada dua titik potensi paling rawan terjadinya pelanggaran Pemilu pada tahap penghitungan suara. Keduanya yakni di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Share

Update Data Pelanggaran Pemilu Tahun 2019 per 23 April 2019

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu telah merilis update data pelanggaran Pemilu Tahun 2019 per 23 April 2019 Data selengkapnya bisa dilihat pada tautan >>> Link Data Pelanggaran Pemilu  Tahun 2019 per 23 A

Share

Bawaslu Rekomendasi PSU Delapan TPS di Tapteng, Dua di Antaranya dengan Catatan

Pandan, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo melakukan kunjungan supervisi di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (24/4/2019). Sebab dari rekomendasi pengawasan di tempat ini, ada delapan tempat pemungutan suara (TPS) akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU). Namun, dua dari delapan TPS tersebut bakal PSU dengan catatan.

Share

Soal Caleg Perempuan, Bawaslu Pastikan Berlakukan Pengawasan Yang Sama

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menjadi satu-satunya lelaki yang menjadi pembicara dalam diskusi media bertema: 'Jaga Kemurnian Suara Rakyat, Kawal Perolehan Suara Caleg Perempuan' pada hari Rabu (24/4/2019).

Share

Mochammad Afifuddin: Pengawas Juga Mengurangi Potensi Human Error

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengingatkan, proses pengawasan Pemilu yang berjenjang bertahap dan berjenjang menjadi salah satu cara mengurangi berbagai kecurangan. Termasuk potensi mengurangi kesalahan manusia (human error) misalnya saat penulisan perolehan suara.

Share

Pelanggaran Pemilu Boleh Diviralkan, Rahmat Bagja: Laporkan ke Bawaslu Juga

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja mengingatkan masyarakat melaporkan temuan dugaan pelanggaran Pemilu 2019 ke Bawaslu, usai memviralkannya di media sosial (medsos).

Share

Bawaslu Minta Pemerintah Santuni Pengawas Pemilu Secara Adil

Pandan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo meminta pemerintah memberi perlakuan yang sama dalam pemberian santunan bagi ratusan pengawas pemilu yang sakit hingga meninggal dunia.

Share

PSU dan Hitung Ulang di Jatim, Bawaslu Perintahkan Cegah, Awasi, dan Tindak Pelanggaran

Surabaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin melakukan supervisi pengawasan ke Jawa Timur (Jatim). Bawaslu mengingatkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jatim bisa bersama-sama mengatasi masalah langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Share

6 Hari Jelang Batas Akhir PSU, Ketua Bawaslu: KPU Harus Siapkan Logistik

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2019 pada Rabu (17/4/2019) lalu tidak semuanya berjalan mulus. Banyak muncul masalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Seperti kekurangan logistik dan daftar pemilih yang amburadul. Sehingga menganggu proses pemungutan dan penghitungan suara.

Share

Halaman

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 4 Maret 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
Kemendagri, Jakarta.
Waktu:
Selasa, 26 Februari 2019 - 13:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 19 Februari 2019 - 11:00 WIB
Tempat :
RRI, Jakarta
Waktu:
Sabtu, 23 Februari 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Waktu:
Rabu, 20 Februari 2019 - 10:00 WIB
Tempat :
KPU RI, Jakarta.

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat