• English
  • Bahasa Indonesia

Tiga kesimpulan pertemuan tripartit

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) – Tiga lembaga negara yang tergabung dalam tripartit, Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar pertemuan secara tertutup di Ruang Ketua KPU RI Husni Kamil Manik di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu sore (7/10).

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Bawaslu RI, Muhammad, Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah dan Nelson Simanjuntak. Dari KPU RI, Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Anggota KPU RI, Hadar Nafis Gumay, Ida Budhiati, Arif Budiman dan Fery Kurnia Rizkiyansyah, serta Sekjen KPU Arif Rahman Hakim. Sedangkan dari DKPP di hadiri oleh Ketua DKPP, Jimly Asshidiqie.

Pertemuan itu membahas tiga kabupaten yang terancam tidak dapat mengikuti pilkada serentak tahun 2015 pada tanggal 9 desember 2015 mendatang karena hanya memiliki satu pasangan calon. Tiga kabupaten itu yaitu; Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Timur Tengah Utara.

Pertemuan yang berlangsung sekitar empat jam menghasilkan kesimpulan :

1. KPU , Bawaslu, dan DKPP memiliki pemahaman yang sama bahwa pemilihan dengan satu pasangan calon dilaksanakan sesuai dengan putusan MK pada tahun 2015.
2. Dalam kesempatan yang pertama, KPU, Bawaslu dan DKPP akan mengusulkan pertemuan konsultasi dengan Presiden, DPR dan MK dalam rangka pengaturan lebih lanjut mengenai pelaksanaan teknis dan anggaran pemilihan dengan satu pasangan calon di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Timur Tengah Utara.
3.KPU dan Bawaslu akan melakukan monitoring dan supervisi secara bersama- sama pelaksanaan Pemilihan dengan satu pasangan calon di tiga kabupaten tersebut diatas.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu