• English
  • Bahasa Indonesia

Terima Kunjungan Bawaslu, Gubernur Jateng Siap Dukung Pengawasan Pemilu

Semarang, Bawaslu Jateng- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) Muhammad bersilaturohmi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (10/2) dalam rangka persiapan Pemilihan Bupati dan Walikota di Provinsi Jawa Tengah.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Pimpinan  Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan, Teguh Purnomo dan Juhanah. Turut mendampingi. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Kartini Tjandra Lestari beserta Staf Rr. Istilah Wulandari dan Widiantoro.

Rombongan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertempat di Puri Gedeh Semarang Jl Gajah Mungkur (Jl Gubernur Budiono) No 8 Semarang. Pertemuan yang berdurasi 1 (satu) jam tersebut membicarakan dan mengkoordinasikan terkait persiapan pengawasan Pemilihan Bupati dan Walikota yang akan datang. Ketua Bawaslu RI Muhammad menyampaikan tentang pentingnya keterlibatan Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah, untuk memfasilitasi dan mensukseskan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Walikota di Wilayah Jawa Tengah yang akan datang.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah mengawal Penyelenggaraan Pemilu baik Pemilu Legislatif maupun Pilpres Tahun 2014 yang lalu dengan sangat baik sehingga tercapai Pemilu yang demokratis, lancar dan aman,” tutur Muhammad.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan menambahkan bahwa persiapan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah diantaranya adalah Pembentukan Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bupati dan Walikota di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati/Walikota. Terkait dengan hal tersebut dukungan anggaran dan sumber daya manusia juga sangat penting.

“Kami (Bawaslu Jateng ,-Red) masih membutuhkan Kasubbag untuk meningkatkan kinerja, selama ini Bawaslu Jateng dalam periode Pemilu Legislatif Tahun 2014 dan Pilpres Tahun 2014 hanya di dukung oleh Kepala Sekretariat tanpa dibantu oleh Kasubbag sesuai dengan tugas dan fungsi pokoknya,” tutur Abhan.

Terkait dengan hal tersebut Bawaslu Provinsi Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan Setda Provinsi Jawa Tengah dan akan dipenuhi untuk pengisian Kasubbag. Dari sisi anggaran di 16 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati/Walikota terdapat 2 (dua) Kabupaten yang anggaranya masih minim yakni Kabupaten Rembang  sebesar Rp. 1 (satu) milyar dan Kabupaten Blora Rp. 1,5 (satu setengah) milyar.

“Berkenaan dengan itu kami mohon agar Pemerintah Provinsi menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten Rembang dan Pemerintah Kabupaten Blora untuk merevisi anggaran yang masih minim tersebut,” imbuh Abhan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beserta Jajaranya siap  mendukung penuh Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Walikota yang akan datang. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati/Walikota.

“Terkait dengan anggaran penyelenggaraan Pemilihan Bupati di Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora, nanti kami akan koordinasikan dengan Bupati dan DPRD di 2 (dua) Kabupaten tersebut,” pungkas mantan Pimpinan Komisi II DPR itu.

Penulis           : Widiantoro (Staf Bawaslu Jateng)

Editor             : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 31 Januari 2019 - 10:30 WIB
Tempat :
Jakarta, Senayan.
Waktu:
Jumat, 8 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 7 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 6 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Minggu, 3 Februari 2019 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019