• English
  • Bahasa Indonesia

Seleksi Panwaslu di Papua Barat, Peserta Gunakan Joki

Papua Barat, Badan Pengawas Pemilu – Proses seleksi tertulis Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Provinsi Papua Barat yang dimulai Senin (15/12) hingga Kamis (18/12) dicederai ulah peserta yang menggunakan jasa joki. Pimpinan Bawaslu Papua Barat Isak Waramory memerintahkan nama calon peserta itu dicatat dan direkomendasi gugur untuk seleksi selanjutnya.

Insiden itu diketahui menjelang selesainya batas waktu ujian tertulis calon anggota Panwaslu yang berlangsung di Hotel Oriestom, Manokwari. Foto tanda peserta ujian dengan orang yang mengikuti test tertulis berbeda. Panitia lokal sengaja tidak mengusir joki tersebut dan membiarkannya  menyelesaikan ujian agar tidak mengganggu peserta lainnya.

“Ingat dan tulis namanya, dia tidak usah diikutkan lagi. Nanti kita informasikan ke tim seleksi,” ujar Pimpinan Bawaslu Isak kepada staff Bawaslu Provinsi Papua Barat yang menjadi panitia.

Hal itu dianggap sangat memalukan, apalagi bila peserta tersebut lolos sebagai anggota Panwaslu. Maka dipastikan yang bersangkutan mudah menyalahgunakan kewenangannya. “Belum apa-apa sudah pakai joki, orang itu tidak punya tanggungjawab sama sekali kalau terpilih,” kata seorang panitia lokal.

Bawaslu Papua Barat sejak Senin (15/12) sudah melakukan test tertulis rekruitmen calon Panitia Pengawas Pemilu di 9 (sembilan) kabupaten/kota yang akan menggelar Pemilukada serentak tahun 2015. Kondisi geografis yang bergunung-gunung dan kendala transportasi menjadi hambatan utama sehingga pelaksanaan test tidak dapat dilaksanakan serentak.

Sepanjang Senin (15/12) hingga Kamis (18/12) test tertulis Panwaslu dilakukan marathon di 6 (enam) daerah yakni Kota Manokwari (Kota Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak),Sorong (Kabupaten Sorong dan Raja Ampat), Teluk Wandama  dan Teluk Bintuni. Selanjutnya rekruitmen Panwaslu untuk Kabupaten Fak Fak dan Kabupaten Kaimana dilaksanakan Kamis (18/12).  

Ketua Bawaslu RI Muhammad mengantar langsung materi soal test tertulis di Kota Manokwari Senin (15/12). Kunjungan Ketua Bawaslu RI Muhammad ini merupakan pertama kalinya ke ibukota Provinsi Papua Barat tersebut. Namun insiden joki tersebut diketahui setelah Ketua Bawaslu sudah bertolak kembali ke Jakarta.

“Kami jamin tidak ada kebocoran soal, saya sendiri dan sespri yang membawa soal-soal test ini dari Jakarta,” kata  Muhammad saat sambutan test tertulis di Hotel Oriestom, Manokwari.

Pelaksanaan test tertulis itu dihadiri lengkap Pimpinan Bawaslu Papua Barat (Alfredo Ngamelubun SH, Isak Waramory SH,Carel Simon Petrus Suebu) dan sejumlah staff Sekretariat Bawaslu Papua Barat.  Test tersebut diiukuti 23 peserta dari 32 orang yang lolos seleksi administrasi. 23 peserta itu mewakili Manokwari (10 peserta), Manokwari Selatan (1 peserta) dan Pegunungan Arfak (6) peserta.  

Pada kesempatan itu, Muhammad berterimakasih pada anggota Panwaslu yang berakhir jabatannya pada Bulan Desember 2014. Mereka dinilai berjasa mengawal Pemilu Legislatif dan Pemilu presiden di wilayah masing-masing. Sebagian peserta ujian calon Panwaslu di Manokwari juga diikuti mantan panwaslu, panwascam hingga pengawas pemilu lapangan.

“Test tertulis ini murni dan tidak ada intervensi Bawaslu pusat dan Bawaslu provinsi. Jadi Bapak/ibu peserta ujian tidak perlu khawatir di rekayasa. Semua prosesnya dilakukan tim seleksi (daerah). Nanti mereka menyeleksi 6 orang untuk diajukan ke Bawaslu RI,” kata Muhammad.

Selain insiden peserta yang menggunakan joki, beberapa orang yang digugurkan dalam seleksi administrasi/berkas karena belum cukup umur, sempat meminta berdialog dengan Ketua Bawaslu Muhammad untuk dapat diikutkan dalam ujian tertulis. Namun Muhammad menjelaskan, bahwa proses seleksi administrasi dan ujian tertulis merupakan kewenangan tim seleksi daerah. Tergantung tim seleksi apakah akan memperbaiki keputusannya dan mengikutsertakan mereka untuk mengikuti ujian susulan. Bawaslu RI bersifat memfasilitasi  yang diputuskan tim seleksi lokal.

Penulis : R. Monang Silalahi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu