• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Perintahkan Bawaslu Provinsi Lakukan Pendampingan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Dalam pengelolaan dana hibah Pilkada harus ada komitmen yang sama antara Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Panwaslu Kabupaten/Kota. Karena kalau tidak ada komitmen yang sama, Bawaslu akan terakumulasi dari seluruh pengelolaan dana hibah di 269 daerah otonom yang melaksanakan Pilkada. Demikian disampaikan oleh Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro saat penutupan Bimbingan Teknis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Hibah Pilkada untuk Pengawasan, di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta, (1/8).

Gunawan Menambahkan, daerah otonom yang melaksanakan Pilkada akan menjadi satu-kesatuan pada saat pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan. Apa yang akan menjadi opini Bawaslu nanti, apakah Bawaslu bisa  wajar tanpa pengecualian (WTP) apakah masih bertahan di wajar dengan pengecualian (WDP).

‘’Padahal pada saat pleno Pimpinan, Bawaslu mengharapakan di tahun 2015 ini Bawaslu bisa wajar tanpa pengecualian (WTP),’’lanjutnya.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut lanjut Gunawan, Bawaslu RI telah perintahkan Kepala Sekretariat (Kasek) seluruh Bawaslu Provinsi yang melaksanakan Pilkada untuk melakukan supervisi, dan pendampingan kepada Panwaslu Kabupaten/Kota dalam pengelolaan dana hibah Pilkada serentak tahun 2015.

‘’Lakukan supervisi sesering mungkin, bila perlu lakukan supervisi satu minggu sekali ke Kabupaten/Kota. Kroscek dan lakukan pembinaan apa kekurangannya. Semakin sering kita lakukan supervisi saya yakin akan menjadi lebih baik lagi,’’tegas Gunawan.

Selain itu Gunawan mengatakan, dalam melakukan supervisi atau monitoring tidak diperkenankan menggunakan anggaran dana hibah. Artinya, dana hibah digunakan khusus untuk pelaksanaan Pilkada serentak nanti. “Saya tegaskan kembali, jangan sampai nantinya ada Bawaslu Provinsi memanfaatkan dana hibah untuk digunakan dalam supervisi atau pembinaan ke Kabupaten,” tuturnya.

Penulis : Irwan

Editor   : Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu