• English
  • Bahasa Indonesia

Sejarah Pemilu Bisa Disaksikan Lewat Arsip

altJakarta, Bawaslu– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyerahkan Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Arsip Statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), di Jakarta, Kamis (20/3). Dalam sambutannya Kepala ANRI Mustari Irawan memberikan apresiasi kepada Bawaslu, yang memahami pentingnya arsip pemilu sebagai bagian dari sejarah bangsa.

“Arsip yang tercipta dari pemilu adalah jejak demokrasi bangsa ini. Arsip yang diserahkan oleh Bawaslu di masa mendatang akan sangat dibutuhkan dan memberikan gambaran dinamika demokrasi di Indonesia,” 

ujar Mustari dalam pidatonya. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu, Muhammad dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Ashiddiqie.

Menurutnya, momen ini merupakan momen yang sangat penting bagi perkembangan demokrasi di Indonesia. Pasalnya, penyerahan arsip ini dilaksanakan menjelang Pemilu Legislatif 2014, pada 9 April mendatang.

ANRI menilai pentingnya arsip kepemiluan, karena sejak Pemilu pertama tahun 1955, ANRI sudah memiliki arsip-arsipnya. Arsip-arsip tersebut merupakan bukti sejarah pada saat ini, bahwa penilaian terhadap pemilu yang sukses pada kala itu adalah benar adanya.

“Arsip tersebut memperlihatkan bagaimana Bung Karno dan Bung Hatta bertindak saat melakukan pemungutan suara dan memperlihatkan tingkah laku mereka,” tutur Mustari.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muhammad mengatakan bahwa dokumen atau arsip merupakan harga diri sebuah lembaga. Lembaga dianggap kapabel dan berkualitas jika dapat menjaga arsip-arsipnya dengan baik.

“Harga diri Bawaslu adalah sejauh mana arsip dapat dipertanggung jawabkan kepada publik,” pungkasnya.

Arsip statis yang diserahkan oleh Bawaslu kepada ANRI merupakan dokumen hasil keputusan Bawaslu soal Sengketa Pemilu serta beberapa dokumen lain terkait hasil pengawasan pemilu. ANRI berharap nantinya kerjasama dengan Bawaslu akan terus berlangsung, karena mengingat Kementerian dan Lembaga wajib menyerahkan Jadwal Retensi Arsip dan Arsip Statis. [fs]

 

Penulis/Editor           : Falcao Silaban

alt

 

Foto I: Ketua Bawaslu Muhammad menyerahkan Arsip Statis secara resmi kepada Kepala ANRI Mustrani Iirawan disaksikan oleh Ketua DKPP Jimly Ashiddqie.

Foto 2: Penandatangan kerja sama dan penyerahan JRA (Jadwal Retensi) dan Arsip Statis oleh Bawaslu, DKPP, dan ANRI, 

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu