• English
  • Bahasa Indonesia

RDP Gabungan: Kesiapan Bawaslu Hadapi Pilkada Serentak

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang, Komisi II dan III DPR RI kembali melaksanakan rapat gabungan dengan Menteri Dalam Negeri, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Menteri Hukum dan HAM, Ketua Badan Pengawas Pemilu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepala Kepolisian RI.

Rapat gabungan yang digelar di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (6/7) dipimpin oleh wakil ketua DPR RI bidang Politik dan Keamanan, Fadli Zon dan dihadiri 10 fraksi di DPR RI, termasuk hadir Ketua Komisi II Rambe Kamarul Zaman, dan Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin.

Rapat gabungan ini untuk mengetahui kesiapan dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta Walikota dan wakil Walikota tahun 2015, juga memastikan soal anggaran, kendala di lapangan dan regulasi.

Pada kesempatan ini Ketua Bawaslu, Muhammad menyampaikan beberapa kesiapan internal pengawasan Pemilu dalam menghadapi Pilkada serentak 9 desember mendatang. Poin pertama yaitu regulasi, 10 peraturan Bawaslu (Perbawaslu) yang dibuat telah ditetapkan di Kementerian Hukum dan HAM terkait dengan tahapan penyelenggaraan Pilkada.

Kedua, lanjut Muhammad, terkait dengan struktur pengawasan Pemilu, saat ini sedang berlangsung rekruitmen pengawas Pemilu di tingkat kecamatan dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

‘’Pada pengawas tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan, sebagian telah dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Bawaslu RI. Hal ini dilaksanakan agar pengawas Pemilu di setiap tingkatan lebih memahami secara mendalam tentang pengawasan Pemilu/Pilkada’’ jelasnya.

Sementara itu, tentang substansi pelaksanaan pengawasan, Bawaslu RI telah melaksanakan rapat Stakeholders di beberapa Provinsi, dan Sosialisasi di 50 titik Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak, paparnya.

‘’Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bawaslu yaitu tentang proses penyelesaian penanganan dugaan pelanggaran pemilihan, serta penyelesaian sengketa Pemilu,’’ tambah pria asal Makassar tersebut.

‘’Direncanakan sesuai anggaran yang tersedia, sosialisasi akan dilaksanakan di 100 titik Kabupaten/Kota. Sosialisasi ini menghadirkan peserta dari partai politik, organisasi masyarakat dan kepemudaan, Panwaslu, perguruan tinggi, kepala sekolah, rekan-rekan media, dan pemilih pemula guna menyamakan persepsi dalam menyongsong Pilkada serentak 2015’’ tutupnya.

Penulis : Irwan

Editor   :  Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu