• English
  • Bahasa Indonesia

Ratusan Massa Demo Bawaslu, Laporkan Caleg yang Dianggap Menistakan Agama

altJakarta, Bawaslu-  Ratusan orang berdemonstrasi ke depan Gedung Bawaslu, Jalan MH. Thamrin No. 14 Jakarta, Jumat (28/3). Mereka menuntut kepada Bawaslu untuk mencoret salah seorang calon anggota legislatif yang mereka nilai sudah menistakan agama.

“Kami minta Bawaslu segera mencoret caleg atas nama Pieter C Zulkifli yang telah menodai agama demi kepentingan politiknya. Dia telah menampilkan simbol-simbol agama lain yang bukan agamanya sendiri,” ujar orator demo yang berasal dari kalangan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Demo itu sendiri diikuti oleh beberapa  organisasi diantaranya, LSM Kaukus Pemuda Malang Raya (KPMR), Gerakan Muda NU (GMNU), Komite Solidaritas Pemuda Muslim (KSPM), Gerakan Masyarakat dan Pemuda Anti Korupsi (GEMPARI) dan Himpunan Generasi Muda Madura (HIGEMURA).

Menurut mereka, caleg tersebut sudah tidak pantas untuk menjadi wakil rakyat karena menggunakan segala cara demi menarik minat masyarakat untuk memilihnya, termasuk menggunakan simbol agama lain dari keyakinannya.

Koordinator Gerakan Anti Penistaan Agama Muhlis Ali mewakili 200 masa demonstran meminta Bawaslu agar memberi sanksi kepada caleg dari Partai Demokrat atas nama  Peter C Zulkifli yang menggunakan alat peraga kampanye berupa spanduk baliho yang menuliskan lafadz “Bismillahirrohmanirrohim” dan telah menyebar di pelosok kampung se - Malang Raya.

Perwakilan pendemo yang berjumlah lima orang diterima oleh Humas Bawaslu yakni Kasubbag Humas, R. Monang Silalahi dan Kasubbag Publikasi dan Dokumentasi, Nurmalawati Pulubuhu.

Untuk menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran, Bawaslu perlu melakukan klarifikasi dan  memanggil sejumlah pihak, dalam membuktikan kebenaran dari yang dituduhkan oleh sejumlah elemen tersebut. Nantinya, Bawaslu akan mengeluarkan rekomendasi kepada KPU jika terdapat unsur pelanggaran administrasi dan Kepolisian jika ada unsur tindak pidana.

 

Penulis/editor            : Falcao Silaban

alt

Ratusan massa berdemo di depan Gedung Bawaslu, Jl. MH. Thamrin No.14 Jakarta, Jumat (28/3). Mereka menuntut Bawaslu mencoret salah satu caleg DPR RI yang mereka anggap telah menistakan agama. [Foto: Muhtar/bawaslu.go.id] 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu