• English
  • Bahasa Indonesia

Rapat Tripartit Penyelenggara Pemilu Bahas Pilkada Calon Tunggal

Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Muhammad, Ketua DKPP Jimly Ashiddiqie dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik, mengadakan pertemuan guna membahas permasalahan dualisme partai jelang dimulainya tahapan pencalonan kepala daerah pada Juli silam.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) – Tiga lembaga negara yang tergabung dalam tripartit, Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar pertemuan secara tertutup di Ruang Ketua KPU RI Husni Kamil Manik di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu sore (7/10).

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Bawaslu RI, Muhammad, Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah dan Nelson Simanjuntak. Dari KPU RI, Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Anggota KPU RI, Hadar Nafis Gumay, Ida Budhiati, Arif Budiman dan Fery Kurnia Rizkiyansyah, serta Sekjen KPU Arif Rahman Hakim. Sedangkan dari DKPP di hadiri oleh Ketua DKPP, Jimly Asshidiqie.

Pertemuan itu membahas tiga kabupaten yang terancam tidak dapat mengikuti pilkada serentak tahun 2015 pada tanggal 9 desember 2015 mendatang karena hanya memiliki satu pasangan calon. Tiga kabupaten itu yaitu; Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Timur Tengah Utara.

Pertemuan yang berlangsung sekitar empat jam menghasilkan kesimpulan diantaranya, KPU, Bawaslu, dan DKPP memiliki pemahaman yang sama bahwa pemilihan dengan satu pasangan calon dilaksanakan sesuai dengan putusan MK pada tahun 2015.

Dalam kesempatan yang pertama, KPU, Bawaslu dan DKPP akan mengusulkan pertemuan konsultasi dengan Presiden, DPR dan MK dalam rangka pengaturan lebih lanjut mengenai pelaksanaan teknis dan anggaran pemilihan dengan satu pasangan calon di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Timur Tengah Utara. Selain itu, KPU dan Bawaslu akan melakukan monitoring dan supervisi secara bersama- sama pelaksanaan Pemilihan dengan satu pasangan calon di tiga kabupaten tersebut diatas.

 

Penulis :          Muhtar

Editor   :           Falcao

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu