• English
  • Bahasa Indonesia

Perlu Rekonsiliasi Cegah Disintegrasi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Tokoh Nasional sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melaksanakan rekonsiliasi nasional sebelum dan sesudah Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) Tahun 2014.

“Untuk itu politik rekonsiliasi wajib dilakukan untuk menghindari disintegrasi bangsa. Ini konflik elit politik jangan sampai masyarakat korban,” tutur Sri Sultan, dalam Rekonsiliasi Nasional Pilpres Tahun 2014, yang diselenggarakan Bawaslu, di Jakarta, Senin (7/7).

Menurutnya, rekonsiliasi nasional tersebut dipandang sebagai sebuah darurat dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi. Sportifitas dari masing-masing pihak sangat diperlukan, dengan syarat tidak ada kelompok golongan, masyarakat, capres dan cawapres tertentu yang mendiskreditkan dan membumihanguskan pihak yang kalah.

“Rekonsiliasi mutlak tercapai dan menghapus segala dendam yang mungkin muncul,” tuturnya.

“Harus konsisten antara nilai dan tindakannya. Jangan ada serangfan fajar karena rakyat paham modusnya. Kemudian pasca Pilpres jangan ada kompetisi saling menjatuhkan,” tambah Sultan.

Sementara itu, Suhardi Anggota Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 1 (satu) Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa mengatakan bahwa pasangannya siap untuk menciptakan Pemilu yang bersejarah sebagai Pemilu yang paling sukses yang pernah dilakukan.

Kami ingin menciptakan Pimpinan yang tidak hanya membela golongannya saja tetapi seluruh rakyat. Kita tunjukkan kepada dunia ini jadi pemilu terbaik di dunia,” ungkap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Tjahjo Kumolo, Tim Kampanye Pasangan Capres dan Capres Nomor Urut 2 (dua) Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Dalam pidatonya, ia menyampaikan bahwa semua elemen dari tim kampanye akan bahu membahu menciptakan dan mengawal Pilpres yang sukes.

“Kami Mohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan kepada masyakarat Indonesia selama pelaksanaan kampanye. Kami ingin mengingatkan juga bahwa Pilpres yang baik merupakan tanggung jawab kita bersama,” pintanya.

 

Penulis        : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 2 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu