• English
  • Bahasa Indonesia

Pemerintah Kota Cilegon Dukung Pengawasan Tahapan Pemilu Kada

Cilegon, Bawaslu - Kegiatan kepada stakeholders dan masyarakat terkait erat dengan suksesnya pengawasan proses Pemilu Kada ditiap tahapannya. Pemerintah kota Cilegon terus memberikan dukungan  penuh pada proses pengawasan tahapan jalannya tahapan Pemilu Kada baik sebelum, pada saat, maupun pasca Pemilu Kada. Salah satu bukti keseriusan pemerintah Kota Cilegon pada saat proses pengawasan Pemilu Kada kami tunjukkan dengan memberikan dana yang optimal pada Panwas Kada sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Demikian dikatakan Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis pada pembukaan Sosialisasi Tatap Muka kepada Stakeholders dan Masyarakat dalam rangka Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2015 di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Kamis (11/6) yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Kota Cilegon.

Tb. Iman Ariyadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota Cilegon menyadari bahwa persiapan kota Cilegon menyelenggarakan Pemilu Kada ditunjukkan salah satunya dengan kecukupan anggaran pengawasan yang diperlukan. 

“Anggaran Pilkada Kota Cilegon tidak pernah kurang, yang penting kita laksanakan sesuai tahapan dan tidak ada masalah dibelakang hari. Sebesar apapun anggaran yang dikeluarkan pemerintah Kota Cilegon itu harus dipertanggung jawabkan bersama-sama pada saatnya nanti,” katanya.

Walikota Cilegon juga mengatakan bahwa masyarakat kota Cilegon telah mempunyai karakter peneliti dan tingkat kesadaran politik yang tinggi sehingga mampu mengharmonisasikan pengawasan partisipatif. Sistem pengawasan partisipatif sangat efektif menekan tingkat kecurangan yang timbul di masyarakat. Iklim keamanan yang kondusif dapat tercipta dengan dua cara yaitu kerjasama seluruh pihak dan dukungan dari para pengambil kebijakan.

“Kami bekerja sama dengan unsur muspida, pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh stakeholder Kota Cilegon supaya bersama-sama membangun jaring pengaman dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Jaring pengaman ini sangat efektif karena mayarakat dapat segera melaporkan kepada pemerintah apabila terjadi kecurangan dapat segera ditindak lanjuti,” jelasnya.

Selain itu Tb. Iman Ariyadi ingin mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat Kota Cilegon agar memberikan contoh demokrasi yang baik kepada masyarakat. Dan para pemangku kebijakan merupakan penentu dalam keberhasilan pengawasan Pemilu Kada di Kota Cilegon.

Dalam kesempatan yang sama Pemerintah Kota Cilegon memberikan apresiasi kepada Panwas Kota Cilegon yang sudah berdedikasi melakukan tahapan pengawasan Pemilu Kada dengan sebaik-baiknya. “Dedikasi seluruh Panwas Kota Cilegon akan menciptakan Pemilu Kada yang jujur dan adil di Kota Cilegon dari segala bentuk kecurangan” harap Walikota Cilegon ini.

Sosialisasi tatap muka di Kota Cilegon dihadiri Pimpinan Bawaslu RI, Endang Wihdatiningtyas, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono Ubaid Thantowi, Anggota Bawaslu Provinsi Banten, KPU Kota Cilegon, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga swadaya masyarakat, para mahasiswa dan pelajar di Kota Cilegon.

 

Penulis: Christina Kartikawati

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu