• English
  • Bahasa Indonesia

Pembuatan Posko Awaslupadu Telan Anggaran Rp132 M

Bawaslu meluncurkan posko pengawasan pemilu terpadu (Awaslupadu) di 33 provinsi di Tanah Air. Pembuatan posko menelan anggaran senilai Rp 132 miliar. "Dalam pembuatan posko ini bernilai 132 miliar disebar di 33 Provinsi," ujar Ketua Bawaslu, Muhammad di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (5/7/2012).

Dia menjelaskan, posko ini tidak akan terhenti pada Pemilukada Jakarta saja, melainkan berlanjut pada Pemilihan Legislatif dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

"Posko Awaslupadu tidak bersifat sementara, dalam pengertian bahwa semua unsur-unsur dalam masyarakat dari partai politik, rekan media, dalam mengawasi bukan hanya hulu saja tetapi pada awalnya bagaimana mencegah pelanggaran itu tidak terjadi," ucapnya.

Dikatakannya, pada pasal 73 ayat 2 UU No. 15/2011 tentang penyelenggara pemilu, diatur pemberian mandat kepada Bawaslu untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu, dengan melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran, demi pemilu yang demokratis.

Objek pengawasannya pun, lanjut Muhamad, tidak hanya tahapan pemilu, tetapi juga persiapan penyelenggaraan pemilu.

"Jika hanya mengandalkan elemen pengawas pemilu saja, maka tidak akan sanggup mengawasi seluruh persiapan dan tahapan pemilu, dengan wilayah pengawasan yang luas serta geografis yang sulit dan aktivitas pemilu yang padat," imbuhnya.

Dia menambahkan, Bawaslu juga memandang penting komunikasi dengan Parpol dalam pelaksanaan pengawasan pemilu.

"Pada hakikatnya Parpol juga dituntut membangung tatanan politik yang berkualitas, misalnya pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih dan penetapan DPT. Parpol dapat mengajukan keberatan setelah lakukan kroscek nama-nama jajaran pengurus," tutupnya. (Sumber: okezone.com)
 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu