• English
  • Bahasa Indonesia

Nasrullah : Pencegahan Harus Jadi Garda Terdepan

Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah saat membuka Rapat Koordinasi Singkronisasi Program Divisi Sosialisasi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, di Bali, Jumat (13/1).

Denpasar, Badan Pengawas Pemilu - Pimpinan Bawaslu Nasrullah mengatakan pencegahan menjadi prioritas utama dalam melakukan proses pengawasan.  Upaya pencegahan merupakan menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi pelanggaran.

 

"Pencegahan harus jadi garda terdepan.  Mencegah itu tidak hanya pada wilayah proses pemilu dan hasil, namun pada wilayah hulunya," jelasnya pada saat Rapat Koordinasi Singkronisasi Program Divisi Sosialisasi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga,  di Bali, Jumat (13/1).

 

Koordinator Divisi Sosialisasi Humas dan Hubungan Antar Lembaga tersebut menjelaskan pada wilayah hulu misalnya, upaya Bawaslu dalam melakukan pencegahan menjadi prioritas utama. Hasilnya potensi pelanggaran dapat dicegah.

 

"Salah satu keberhasilan pemilu bukan banyaknya pelanggaran saja,  namun pencegahan menjadi faktor utama dalam melakukan proses pengawasan," terangnya.

 

Nasrullah menilai keberadaan lembaga Bawaslu hingga saat ini merupakan hasil dari pencapaian yang sudah diperoleh dalam mengawal proses demokrasi.  Selama ini dalam konteks pencegahan Bawaslu sudah melakukan terobosan dan inovasi dalam melakukan pengawasan pada penyelenggaraan pemilu.  Hasilnya legitimasi lembaga ini lebih diakui di masyarakat Indonesia.

 

“Penguatan dua hal itu bagian dari impian kita untuk menguatkan eksistensi Bawaslu,” ujarnya.

 

Nasrullah menambahkan divisi Sosialisasi, Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) yang diembanya memiliki peran yang sangat strategis. Menurutnya peran ini merupakan garda terdepan dalam hal melakukan pencegahan pelanggaran.

 

"Divisi ini memiliki peran yang strategis termasuk Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota juga menjadi bagian dari upaya tersebut," tambahnya.

 

Penulis: Hendru

Editor: Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu