• English
  • Bahasa Indonesia

Mahasiswa IPB Dalami Pelaksanaan Pemilu di Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bersama Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI menerima kunjungan audiensi dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) di Ruang Sidang DKPP RI, Rabu (3/6).

 

Dalam kunjungannya, para mahasiswa yang tergabung dalam Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) IPB, Komisi Pemilihan Raya (Pemira) IPB, dan Panitia Pengawas Pemira IPB bermaksud mempelajari lebih dalam terkait peran dan tugas Bawaslu dan DKPP sebagai penyelenggara Pemilu guna diterapkan di IPB dalam menyelenggarakan Pemira Mahasiswa IPB.

 

Sekretaris Jenderal MPM IPB Supriatna mengatakan, IPB melaksanakan Pemira Mahasiswa seperti halnya Pemilu Indonesia. Pemira Mahasiswa ini dilakukan untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IPB atau yang biasa disebut dengan Presiden Mahasiswa.

 

“IPB mencoba untuk melaksanakan proses demokrasi seperti yang dilakukan Indonesia saat ini. Sedari dini para mahasiswa di IPB sudah ditanamkan nilai-nilai demokrasi agar bisa membawa pembaharuan bagi negara ini. Kami sangat berterima kasih bisa melaksanakan audiensi bersama Bawaslu dan DKPP agar ilmu yang kami dapatkan pada hari ini bisa diaplikasikan dalam Pemira Mahasiswa di IPB,” ujar Supriatna.

 

Ketiga organisasi mahasiswa yang menyelenggarakan Pemira Mahasiswa di IPB ini, sambung dia, juga menjalankan tugas seperti halnya KPU, Bawaslu, dan DKPP yang melaksanakan Pemilu, mengawasi Pemilu, dan menindaklanjuti pelanggaran Pemilu yang berkaitan dengan etik.

                                

“Proses Pemira Mahasiswa di IPB sudah seperti Pemilu di Indonesia yang ada tahapan pendaftaran hingga penyelesaian sengketa atau pelanggaran. Bahkan masalah-masalah yang kerap terjadi dalam penyelenggaraan Pemilu di Indonesia juga terjadi dalam Pemira Mahasiswa di IPB, seperti daftar pemilih ganda, kampanye hitam, dan lain sebagainya,” jelasnya.

 

Menyambut kedatangan para mahasiswa ini, Pimpinan Bawaslu RI Endang Wihdatiningtyas mengapresiasi semangat para mahasiswa. Ia berharap penyelenggaraan Pemira Mahasiswa di IPB bisa berjalan demokratis.

 

“Saya baru tahu bahwa di zaman sekarang ini untuk menjadi Presiden BEM saja penuh perjuangan. Bayangkan saja, di tingkat mahasiswa saja sudah sebegitu rumitnya apalagi di negara ini,” terang Endang.

 

Endang menjelaskan apa saja peran Bawaslu dalam mengawasi jalannya Pemilu di Indonesia. Menurutnya, para mahasiswa ini juga perlu serius dalam melaksanakan Pemira Mahasiswa di IPB apalagi terkait penanganan pelanggaran.

 

Sementara Komisioner DKPP RI Prof Anna Erilyana juga menyambut baik kedatangan para mahasiswa ini. “Kalian memang anak-anak ‘nakal’, bukannya belajar untuk UAS tapi justru ‘menggelinding’kesini. Tapi saya apresiasi semoga bisa melaksanakan Pemira Mahasiswa di IPB dengan baik. Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan silahkan tanya ke saya melalui e-mail,” katanya.

Penulis            : Pratiwi Eka Putri

Foto                 : Muhtar

Editor              : Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu