• English
  • Bahasa Indonesia

Lebih dari Lima Ribu Warga Jambi Belum Masuk DPT

Jakarta, Awaslupadu.Com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegaskan ada temuan baru tentang sejumlah warga yang tidak dimasukkan ke dalam DPT. Hingga hari ini tercatat ada sekira 5.993 warga yang tidak tercatat dalam DPT. "Diantaranya ditemukan di Provinsi Jambi, ribuan warga tersebut terdeteksi berada di Desa Tuo Merangin, Dusun Sungai Tebal dan Desa Nilo Dingin, Kecamatan Lembah Masurai, Provinsi Jambi," ungkap Daniel, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (13/2).

Belum ada kesimpulan pasti dari KPU tentang ribuan warag yang tak tercatat dalam jumlah DPT milik KPU tersebut. Akan tetapi, lanjut Daniel, perlu ada mekanisme akurasi data yang setiap hari harus diperbaiki. KPU tak bisa hanya menyajikan angka DPT nasional yang sampai sekarang berada dalam angka tetap. Rekapitulasi seluruh penyempurnaan DPT bila perlu harus ada setiap hari sebab DPT ini terkait dengan logistik yang sudah naik cetak. "Kami sudah bertanya tentang strategi KPU terkait jumlah DPT yang terus berubah ini. Tapi sebaiknya DPT ini terus diaktualisasi. Selama ini otoritas penyelenggara pemilu, hanya memberikan jawaban tentang warga negara Indonesia yang tidak masuk dalam DPT, namun merupakan suara riil, akan dimasukkan ke daftar pemilih khusus (DPK)".

KPU terakhir menetapkan jumlah DPT sebanyak 185.813 juta pemilih pada 23 Januari. Jumlah tersebut terjadi penurunan dari rekapitulasi 4 Desember 2013. Tahun lalu, jumlah DPT tercatat sebanyak 186.172 juta. Namun, hingga hari ini, persoalan DPT ini pun masih akan terus berubah. Sebab, catatan terakhir KPU, Rabu (12/2), masih tercatat sebanyak 2,1 juta pemilih bermasalah yang belum masuk ke dalam DPT. Angka bermasalah ini, susut setelah tercatat 10,4 juta pemilih yang tak masuk dalam DPT. Yang tidak masuk dalam DPT tersebut, dikatakan pemilih riil yang punya identitas, tapi tak ber NIK.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu