• English
  • Bahasa Indonesia

Komisi II: Bawaslu Sangat Penting

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Tekad untuk melaksanakan Pilkada serentak harus berhasil. Baik dari sisi demokrasi, paham kedaulatan hingga perjuangan pada hak-hak rakyat. Demokrasi harus  bermanfaat bagi bangsa, aman dan sukses. Demikian disampaikan, Ketua Komisi II Rambe Kamarul Zaman saat menghadiri rapat konsultasi gabungan di Gedung DPR RI Jakarta, Senin, (6/7).

‘’Kita sudah berkali-kali menyelenggarakan pemilu, jadi, hasil pemilu harus ada perubahan, harus lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya, termasuk pemilihan kepala daerah serentak nanti,’’tegasnya.

Ia menegaskan kembali, ukuran keberhasilan kita dalam Pilkada di samping demokrasi adalah bermanfaat bagi bangsa ini. Peraturan perundang-undangan telah dikeluarkan dengan lengkap, dan bisa menjadi pedoman kita dalam pilkada yang demokratis.

Selain itu ia mengatakan terkait siapa yang akan menyelesaikan perselisihan hasil akhir Pilkada. DPR masih menunggu keputusan antara MK dan MA. Sebelumnya dalam undang-undang No. 1 tahun 2015 Mahkamah Agung telah diberi kewenangan untuk menyelesaikan jika terjadi perselisihan hasil Pilkada, namun dengan secara terbuka MA tidak bersedia atas pemberian kewenangan tersebut.

Setali tiga uang dengan apa yang di tegaskan MA dalam menyelesaikan perselisihan hasil Pilkada, Mahkamah Konstitusi juga telah menyatakan hal yang sama jika nantinya terdapat perselisihan hasil akhir Pilkada.

’’Akan tetapi jika sampai batas akhir perundingan namun belum juga terbentuk peradilan khusus, maka Mahkamah Konstitusi masih berwenang untuk menyelesaikan perselisihan hasil akhir Pilkada,’’ jelas Rambe.

Selain hal diatas, Rambe juga mengatakan terkait peran Bawaslu dan jajarannya, Komisi II DPR RI mengharapkan Bawaslu RI dan jajarannya ke bawah diperkuat. Bawaslu diharapkan dapat meningkatkan kapasitas lewat bimbingan teknis kepada Panwas sampai tingkat bawah.

“Komisi II juga tidak setuju kalau anggaran Panwas tidak dikeluarkan. Sampai batas akhir anggaran pilkada  untuk Panwas belum juga selesai. Komisi II DPR mengusulkan agar Pilkada ditunda,’’ tegasnya.

Masih kata Rambe, pentingnya pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dan jajarannya terjawab dengan suksesnya gelaran Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Jadi Komisi II DPR RI menganggap penting adanya Bawaslu RI dan tingkatannya ke bawah untuk mengawasi Pemilu dan Pilkada.

 

Penulis                 : Irwan

Editor                    : Falcao Silaban

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu