• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu RI Tinjau Persiapan Pilkades Serentak di Bone

Bone, Badan Pengawas Pemilu – Sebagai pengawas penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, Ketua Bawaslu RI Muhammad turut meninjau tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (29/30). Dalam kesempatan tersebut, para calon kepala desa menandatangani pakta integritas yang menyatakan para calon siap menang dan siap kalah.
 
Dalam sambutannya Muhammad mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak ini sebagai salah satu sarana mewujudkan demokrasi di Indonesia menuju Pilkada serentak 2015 pada 9 Desember mendatang. Menurutnya, proses demokrasi ini bisa berjalan dengan baik jika empat sikap demokratis telah terpenuhi. 
 
“Kita perlu menjaga komitmen dari hasil pemilihan. Pun halnya dengan peserta. Setiap peserta harus mengikuti aturan dalam setiap tahapan pemilihan. Selain itu perlu adanya birokrasi netral dan tidak adanya kecurangan,” jelas Muhammad.
 
Keempat hal tersebut, sambung Muhammad, harus terpenuhi.  Hal ini disebabkan apabila salah satunya tidak dilakukan maka rusaklah tatanan demokrasi keseluruhan. Ia juga mengingatkan para calon untuk benar-benar menjaga pakta integritas yang telah ditandatangani tersebut.
 
“Pakta integritas siap menang dan kalah ini harus benar-benar dikawal bersama. Kalau bisa jangan hanya siap menang dan siap kalah tapi juga siap menerima hasil karena faktanya banyak orang yang tidak bisa menerima hasil," kata Muhammad.
 
Muhammad optimis, pemungutan suara pada Pilkades serentak yang dijadwalkan pada 14 November mendatang akan berjalan dengan baik. Ia berharap Pilkades di Kabupaten Bone ini menjadi percontohan seluruh kegiatan pemilihan di daerah lain di Indonesia.
 
Sementara Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle mengatakan, guna menghasilkan Pilkades yang berkualitas, pemerintah Kabupaten Bone telah mempersiapkan dan melakukan setiap tahapan Pilkades dengan baik. “Semua tahapan Pilkades sudah dan tengah dilaksanakan sesuai jadwal. Semoga Pilkades serentak ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang akan melakukan hal serupa,” ujarnya.
 
Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Mayjen TNI Soedarmo turut hadir dalam penandatanganan pakta integritas yang dilaksanakna di Gedung Pemuda Kabupaten Bone tersebut. (Diolah dari berbagai sumber)
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu