• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu : Pemuda Muhammadiyah Bisa Jadi Simpul yang Kuat untuk Kawal Pilkada

Makassar, Badan Pengawas Pemilu – Di tengah pagelaran Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Ketua Bawaslu Muhammad hadir untuk memberikan materi tentang rencana strategis Bawaslu dalam Pengawasan Pilkada Tahun 2015, di Makassar, Selasa siang (4/8) yang diselenggarakan oleh Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan itu, Muhammad menjelaskan bagaimana perkembangan tahapan Pilkada dan polemik yang terjadi saat ini. Namun, sebagai pemacu semangat generasi muda Muhammadiyah, ia mengajak agar Pemuda Muhammadiyah untuk berperan aktif dalam pembangunan politik dan demokrasi di Indonesia.

Dia mencotohkan, peran simpul-simpul masyarakat dalam mengawasi pemilu/pilkada tidak harus menjadi pengawas pemilu. Tetapi bisa melaporkan adanya dugaan pelanggaran kepada Pengawas Pemilu, untuk segera ditindaklanjuti oleh Pengawas Pemilu.

“Harus kita bangun tanggung jawab bersama. Jangan semua dibebankan kepada Bawaslu. Kekuatan simpul masyarakat yang cenderung netral dalam mengawasi pilkada, maka diyakini sumbangsihnya akan luar biasa,” pungkas Guru Besar Universitas Hasanuddin tersebut.

Hal senada disampaikan Mahyuddin Abdullah, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan. Ia mengatakan forum ini dibuat karena mengingat betapa pentingnya Pilkada dalam pembangunan demokrasi di Indonesia. Selain itu, ia berharap dari forum ini akan muncul gagasan-gagasan baru dalam rangka merevitalisasi politik etis di Indonesia.

“Banyak sekali kita dipertotonkan oleh masalah-masalah yang akan mengancam kedaulatan negara kita. Mudah-mudahan kita mendapat banyak hal untuk member kita masukan dan pencerahan terhadap pentingnya peran apa yang bisa diambil oleh Generasi Muhammadiyah,” tuturnya.

Selain itu, Mahyuddin menjelaskan Pemuda Muhammadiyah memiliki program untuk mendorong kedewasaan politik. Ini penting menurutnya, agar generasi muda sebagai penerus bangsa tidak terjebak oleh politik praktis yang terkotak dalam kepentingan golongan.

“Mudah-mudahan forum ini menjawab keresahan anak muda terkait dengan politik yang dipertontonkan belakangan ini,” tambahnya.

 

Penulis               : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu