• English
  • Bahasa Indonesia

Kecurangan Pemilu di Daerah, Bawaslu Terima Aspirasi HMI

altJakarta, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menerima aspirasi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terkait kasus kecurangan di beberapa daerah pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014.

 

“Kami meminta Bawaslu untuk menindak lanjuti kecurangan pemilu seperti yang  terjadii di Kabupaten Semarang, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan (Kabupaten Luwu Timur), Jawa Timur Jawa Barat,” ujar Irsan salah satu koordinator HMI pada saat memberikan aspirasinya  yang diterima Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi Nurmalawati Pulubuhu dan Kepala Sub Bagian Analisis Potensi Pelanggaran Edi Suprianto di Gedung Bawaslu RI, Rabu (30/4).

Menurut Irsan,  Beberapa kasus kecurangan di daerah seharusnya merupakan pukulan telak terhadap kinerja lembaga penyelenggara Pemilu.  Ia menilai  kecurangan tersebut merupakan kurangnya pengawasan Bawaslu pada sektor pengawasan pemilu di tiap – tiap daerah. hal ini di perkuat adanya penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat pemerintah daerah berserta kroninya dengan melakukan kecurangan secara terbuka tanpa adanya tindakan tegas oleh Panitia Pengawas Pemilu setempat.  

“Bawaslu seharusnya tegas, baik itu para Caleg yang terlibat Money Politic dan pelanggaran lainnya. Bawaslu kan sudah diberi wewenang oleh Undang – undang.” ujarnya.

Sementara itu merespon beberapa masukan dari  HMI, Kepala Sub Bagian Analisis Potensi Pelanggaran Wilayah 2  Edy Suprianto dan  Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi Nurmalawati Pulubuhu bersepakat  akan menindaklajuti  hasil pengawasan yang sudah dilakukan oleh HMI terkait pelanggaran di beberapa daerah yang dipantau langsung oleh HMI. Pihaknya menghargai peran masyarakat melalui HMI untuk membantu kinerja Bawaslu dalam melaksanakan peran pengawasan.

Seperti diketahui, puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan aksi demo di depan Gedung Bawaslu RI Rabu Siang, (30/4) terkait kecurangan yang dilakukan oleh calon Legislatif yang di dominasi terjadi  di daerah Sulawesi Selatan.  

 

Penulis : Hendru Wijaya

Editor  : Nurmalawati Pulubuhu

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu